PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF GALLERY WALK TERHADAP MOTIVASI BELAJAR EKONOMI KELAS VII SMP KARYA BAKTI PANARAGAN KECAMATAN TULANG BAWANG TENGAH

DIANTI, SAVIRA (2022) PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF GALLERY WALK TERHADAP MOTIVASI BELAJAR EKONOMI KELAS VII SMP KARYA BAKTI PANARAGAN KECAMATAN TULANG BAWANG TENGAH. Skripsi (S1) thesis, Universitas Muhammadiyah Metro.

[img]
Preview
Text
abstrak.pdf

Download (74kB) | Preview
[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (165kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (234kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (66kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR LITERATUR.pdf

Download (11kB) | Preview
Official URL: http://eprints.ummetro.ac.id

Abstract

Dalam proses pembelajaran, guru harus menyadari betapa pentingnya pengetahuan dalam pemilihan dan penggunaan metode pembelajaran secara tepat, karena dengan penggunaan metode pembelajaran yang tepat akan membuat motivasi belajar siswa meningkat. Tujuan yang ingin dicapai adalah “Untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif Gallery Walk terhadap motivasi belajar peserta didik kelas VII SMP Karya Bhakti Panaragan Kecamatan Tulang Bawang Tengah”. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode observasi, metode wawancara, metode angket (quisioner), Metode dokumentasi. Pengolahan data penelitian ini dianalisis dengan menggunakan rumus regresi linier sederhana. Hasil penelitian dan pengolahan data diperoleh hasil rata-rata kelas eksperimen yang diberi perlakuan (Treatment) dengan menggunakan model kooperatif Gallery Walk sebesar 121.29 dan kelas kontrol yang tidak diberi perlakuan (Treatment) menggunakan model kooperatif Gallery Walk melainkan menggunakan metode kooperatif tipe Student Team Achievement Divisions (STAD) sebesar 102.39. Setelah didapatkan rata-rata nilai dari kedua kela. Hasil pengujian hipotesis memperoleh nilai f hitung sebesar 2.175 dengan signifikansi 0,000 diterima pada taraf signifikansi 5% (<0,05). Hal ini membuktikan bahwa terdapat pengaruh signifikan antara model kooperatif Gallery Walk terhadap motivasi belajar Ekonomi peserta didik kelas VII SMP Karya Bhakti Panaragan Kecamatan Tulang Bawang Tengah.

Item Type: Thesis (Skripsi (S1))
Additional Information: 010/S1 Pendidikan Ekonomi/2022
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Kooperatif Gallery Walk, Motivasi Belajar
Subjects: 300 Ilmu Sosial > Ilmu Ekonomi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Tri Kris Krisniati
Date Deposited: 07 Nov 2022 07:04
Last Modified: 07 Nov 2022 07:04
URI: http://eprints.ummetro.ac.id/id/eprint/1418

Actions (login required)

View Item View Item