PENERAPAN METODE SOSIODRAMA DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMAIT AL HIDAYAH PAMENANG KABUPATEN PRINGSEWU LAMPUNG TAHUN AJARAN 2020/2021

pan utami, reza (2021) PENERAPAN METODE SOSIODRAMA DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMAIT AL HIDAYAH PAMENANG KABUPATEN PRINGSEWU LAMPUNG TAHUN AJARAN 2020/2021. Skripsi (S1) thesis, Universitas Muhammadiyah Metro.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (8kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (141kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (137kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (86kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (134kB) | Preview
Official URL: https://eprints.ummetro.ac.id

Abstract

Sebagian besar minat belajar PAI pada siswa SMA masih dalam kriteria rendah. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui bagaimana penerapan metode sosiodrama sebelum digunakan dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam, (2) Untuk mengetahui bagaimana penerapan metode sosiodrama setelah digunakan dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam, (3) Untuk mengetahui hasil dari penerapan sosiodrama dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan (4) Untuk mengetahui apa saja kendala dan solusi penerapan Sosiodrama dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMAIT Al Hidayah Pamenang Tahun Ajaran 2020/2021. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian yang dilakukan menggunakan metode sosiodrama di Kelas XI SMAIT Al Hidayah Pamenang untuk menjelaskan solat jenazah. Teknik pengumpulan data pada hasil penelitian yang telah dilakukan dengan menggunakan observasi dan penyebaran angket minat belajar diperoleh hasil yang menunjukan perbedaan minat belajar PAI. Hasil penelitian menunjukan bahwa ada perbedaan minat belajar dengan menerapkan metode sosiodrama dalam pembelajaran PAI SMAIT Al Hidayah. Metode sosidrama dalam pembelajaran terdapat beberapa kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Kekurangan penggunaan metode sosiodrama dalam pembelajaran diantaranya adalah pesiapan yang cukup banyak, sedangkan kelebihan pengunaan metode sosiodrama diantaranya belajar lebih bervariasi, lebih menyenangkan dan tidak monoton sehingga siswa tidak mudah bosan.

Item Type: Thesis (Skripsi (S1))
Additional Information: 038/FAI/2021
Uncontrolled Keywords: Sosiodrama; Pendidikan Agama Islam; minat belajar PAI
Subjects: 200 Agama > Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Agama Islam > S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: M Derie Santana
Date Deposited: 30 Mar 2022 02:00
Last Modified: 30 Mar 2022 02:00
URI: http://eprints.ummetro.ac.id/id/eprint/1325

Actions (login required)

View Item View Item