PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING BERBANTU MIND MAPPING TERHADAP HASIL BELAJAR EKONOMI KELAS X DI SMAN 01 MERAKSA AJI TAHUN PELAJARAN 2020/2021

septiawati, evi (2020) PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING BERBANTU MIND MAPPING TERHADAP HASIL BELAJAR EKONOMI KELAS X DI SMAN 01 MERAKSA AJI TAHUN PELAJARAN 2020/2021. Skripsi (S1) thesis, Universitas Muhammadiyah Metro.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (4MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (4MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (116kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (153kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (68kB) | Preview
Official URL: https://eprints.ummetro.ac.id

Abstract

Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh peneliti dapat disimpulkan bahwa hasil pengumpulan data dalam penelitian dari 26 peserta didik yang diberikan perlakuan (treatment) menggunakan media pembelajaran discovery learning Berbantu Mind Mapping terhadap hasil belajar ekonomi peserta didik kelas X SMAN 01 MERAKSA AJI tahun pelajaran 2020/2021, peserta didik yang telah tuntas dalam pembelajaran ekonomi adalah sebanyak 26 peserta didik atau sebesar 82,40%. Sedangkan peserta didik yang belum tuntas adalah sebanyak 6 peserta didik atau sebesar 17,60%. Pada pengujian dengan menggunakan rumus regresi linier sederhana diperoleh = 15,56, = 0,04 sehingga dengan demikian ′ = + ′ , adalah = 15,56 + 0,04 . Maka berdasarkan hasil analisis yang telah dilakukan terbukti bahwa ada pengaruh yang positif penggunaan media pembelajaran discovery learning berbantu mind mapping terhadap hasil belajar ekonomi peserta didik kelas X IPS SMAN 01 Meraksa Aji tahun pelajaran 2020/2021. Hal ini dibuktikan dengan perhitungan analisis data bahwa thitung > ttabel , pada taraf signifikan 5% yaitu 3,03 > 1,69. Dengan demikian ada respon yang positif peserta didik terkait penggunaan media pembelajaran discovery learning berbantu mind mapping terhadap hasil belajar ekonomi, maka dapat dikatakan bahwa hipotesisnya diterima.

Item Type: Thesis (Skripsi (S1))
Additional Information: 036/Pend. Ekonomi/2021
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Discovery Learning Berbantu Mind Mapping, Hasil Belajar.
Subjects: 300 Ilmu Sosial > Ilmu Ekonomi
300 Ilmu Sosial > Pendidikan
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: M Derie Santana
Date Deposited: 24 Mar 2022 01:02
Last Modified: 24 Mar 2022 01:02
URI: http://eprints.ummetro.ac.id/id/eprint/1290

Actions (login required)

View Item View Item