MANAJEMEN PEMBELAJARAN SEKOLAH RAMAH ANAK DALAM PENINGKATAN PENDIDIKAN KARAKTER DI SD AISYIYAH METRO KOTA METRO LAMPUNG

muhlisun, muhlisun (2021) MANAJEMEN PEMBELAJARAN SEKOLAH RAMAH ANAK DALAM PENINGKATAN PENDIDIKAN KARAKTER DI SD AISYIYAH METRO KOTA METRO LAMPUNG. Tesis (S2) thesis, Universitas Muhammadiyah Metro.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (982kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (189kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (977kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (573kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (297kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (26MB) | Preview
Official URL: https://eprints.ummetro.ac.id

Abstract

Pendidikan karakter merupakan faktor penting dalam dunia pendidikan. Guru sebagai tenaga pendidikan mempunyai fungsi dan peran dalam kedudukan yang strategis sebagaimana diamanahkan pada Hal ini sebagaimana yang termaktub dalam UUD 1945 pasal 31 UUD 45 hasil pasal perubahan yaitu ayat (3) Pemerintah mengusahakan dan menyelengarakan satu sistem pendidikan nasional yang meningkatkan keimanan dan ketakwaan, serta akhlak mulia dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa, yang diatur dengan undang-undang. Untuk menumbuhkan karakter yang baik pemerintah juga telah menyelenggarakan sekolah ramah anak (SRA).Tujuan dan diselenggarakannya sekolah ramah anak adalah untuk menciptakan sekolah yang terbebas dari diskriminasi, dan menciptakan lingkungan sekolah yang aman,nyaman dan bebas dari perilaku yang buruk. Karena semua pihak bersinergi, saling mendukung dan memotivasi agar para siswa memiliki karakter yang mulia. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui manajemen pembelajaran sekolah ramah anak dalm peningkatan pendidikan karakter di SD Aisyiyah Kota Metro. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif. Adapun fokus penelitian ini adalah meliputi bagaimana manajemen pembelajaran sekolah ramah anak dalam peningkatan pendidikan karakter di SD Aisyiyah Metro Kota Metro. Penelitian ini dapat digunakan sebagai referensi dan masukan tentang pelaksanaan manajemen pembelajaran sekolah ramah anak dan mencari solusi dalam peningkatan pendidikan karakter di Sd Aisyiyah Metro Kota Metro sehingga peningkatan ini memungkinkan untuk diimplementasikan di semua sekolah ramah anak. Hasil penelitian diperoleh data: (1) Manajemen pembelajaran sekolah ramah anak dibuat dengan baik, ada tim yang membantu kepala sekolah melakukan perencanaan pembuatan rencana pelaksanaan pembelajaran bersama semua guru, membuat rencana pelaksanaan pembelajaran yang memuat unsur-unsur pemenuhan sekolah ramah anak yang mengacu pada standar nasional pendidikan, kepala sekolah di bantu tim pengembang kurikulum membuat jadwal kegiatan pembelajaran, jadwal pelaksanaan ulangan harian, ulangan tengah semester dan ulangan kenaikan kelas. Laporan perkembangan kemampuan anak dibuat dalam bentuk dokumentasi tertulis yang disampaikan kepada siswa, orang tua dan kepala sekolah (2) Pelaksanaan penanaman pendidikan karakter dilakukan di sekolah dengan melibatkan semua guru, serta tenaga kependidikan. Penanaman pendidikan karakter dilakukan dengan memperhatikan unsur kenyamanan, keamanan, dan tanpa adanya unsur kekerasan dalam pelaksanaannya. Tahapan yang dilakukan dalam penanaman pendidikan karakter dilakukan secara bertahap. Penanaman pendidikan karakter diintegrasikan dengan nilai-nilai Islami yang berbentuk pelaksanaan ibadah rutin di sekolah.

Item Type: Thesis (Tesis (S2))
Additional Information: 007/PASCA MANAJEMEN PENDIDIKAN/2021
Uncontrolled Keywords: Manajemen Pembelajaran,Sekolah Ramah Anak, Pendidikan Karakter
Subjects: 300 Ilmu Sosial > Manajemen Pendidikan
Divisions: Pascasarjana > S2 Administrasi Pendidikan
Depositing User: M Derie Santana
Date Deposited: 22 Mar 2022 07:04
Last Modified: 22 Mar 2022 07:04
URI: http://eprints.ummetro.ac.id/id/eprint/1269

Actions (login required)

View Item View Item