IMPLEMENTASI KOMPETENSI KEPRIBADIAN GURU DALAM MEMBENTUK KARAKTER PESERTA DIDIK KELAS X SMKN 1 RAMAN UTARA

widi astuti, rina (2021) IMPLEMENTASI KOMPETENSI KEPRIBADIAN GURU DALAM MEMBENTUK KARAKTER PESERTA DIDIK KELAS X SMKN 1 RAMAN UTARA. Tesis (S2) thesis, Universitas Muhammadiyah Metro.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (65kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (264kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (202kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (54kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (156kB) | Preview
Official URL: https://eprints.ummetro.ac.id

Abstract

Pendidikan nasional berfungsi mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa, bertujuan untuk berkembangnya potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan YME, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab. Pendidikan karakter merupakan penciptaan lingkungan sekolah yang membantu siswa dalam perkembangan etika, tanggung jawab melalui model, dan pengajaran karakter yang baik melalui nilai -nilai universal. Penelitian ini bertujuan untuk untuk mendeskripsikan implementasi kompetensi kepribadian guru kelas X SMKN 1 Raman Utara, mendeskripsikan pembentukan karakter peserta didik di kelas X SMKN 1 Raman Utara dan untuk mendeskripsikan implementasi kompetensi kepribadian guru dalam membentuk karakter peserta didik kelas x SMKN 1 Raman Utara. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan 1). Observasi yaitu metode pengumpulan data dengan mengadakan pengamatan serta pencatatan secara sistematis terhadap kenyataan yang diselidiki meliputi kegiatan pemusatan perhatian terhadap sesuatu objek dengan menggunakan pencatatan, pengamatan dan pencatatan secara sistematik terhadap unsur-unsur yang tampak dalam suatu gejala atau gejala-gejala dalam objek penelitian. 2) Wawancara, yaitu sebuah dialog yang oleh pewawancara untuk memperoleh informasi dari terwawancara. 3) dan dokumentasi, yaitu digunakan untuk mendokumentasikan tentang proses pembiayaan pendidikan serta untuk memperoleh data tentang berdirinya SMKN 1 Raman Utara, sarana dan prasarana, jumlah guru dan siswa di SMKN 1 Raman Utara. Hasil penelitian diperoleh kompetensi kepribadian Guru dalam membentuk karakter siswa di SMKN 1 Raman Utara Kabupaten Lampung Timur sudah terlaksana dengan baik hal ini dibuktikan dengan guru-guru di SMKN 1 Raman Utara yang ikhlas mengajar dengan alasan sudah menjadi panggilan hati dan karena lilahi ta’ala dan guru-guru di SMKN 1 Raman Utara mendidik serta memberikan bimbingan seperti anak sendiri. Secara umum guru-guru Sekolah SMKN 1 Raman Utara dinilai punya Kepribadian yang baik, guru mampu menguasai kelas, melaksanakan pembelajaran dengan efektif dan mampu memberikan contoh yang baik terhadap peserta didiknya. Kepribadianisme guru berkorelasi dengan kualitas produk pendidikan.

Item Type: Thesis (Tesis (S2))
Additional Information: 038/PASCA MANAJEMEN PENDIDIKAN/2021
Uncontrolled Keywords: kepribadian Guru, Karakter Peserta Didik
Subjects: 300 Ilmu Sosial > Manajemen Pendidikan
Divisions: Pascasarjana > S2 Administrasi Pendidikan
Depositing User: M Derie Santana
Date Deposited: 21 Mar 2022 07:39
Last Modified: 21 Mar 2022 07:39
URI: http://eprints.ummetro.ac.id/id/eprint/1261

Actions (login required)

View Item View Item