kandek, kandek (2021) PELAKSANAAN SUPERVISI KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KOMPETENSI KINERJA GURU DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN NEGERI RAWA PITU KABUPATEN TULANG BAWANG PROVINSI LAMPUNG. Tesis (S2) thesis, Universitas Muhammadiyah Metro.
|
Text
COVER.pdf Download (498kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (10kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (449kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (409kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (101kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (107kB) | Preview |
Abstract
Salah satu upaya untuk mendorong terbentuknya kinerja guru yang berkualitas adalah supervisi yang dilakukan oleh kepala sekolah. supervisi adalah suatu usaha menstimulasi, mengkoordinasi dan membimbing secara kontinyu pertumbuhan guru-guru di sekolah baik secara individual maupun secara kolektif, agar lebih mengerti dan efektif dalam mewujudkan seluruh fungsi pengajaran. Dengan demikian mereka dapat dan membimbing pertumbuhan setiap murid secara kontinyu serta mampu dan lebih cakap berpartisipasi dalam masyarakat demokrasi modern. Tujuan penelitian ini adalah Untuk mengetahui Pelaksanaan Supervisi Kepala Sekolah di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri Rawa Pitu Kabupaten Tulang Bawang, Untuk mengetahui Kompetensi Kinerja guru di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri Rawa Pitu Kabupaten Tulang Bawang, Untuk mengetahui Kendala yang dihadapi dalam pelaksanaan Supervisi Kepala Sekolah di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri Rawa Pitu Kabupaten Tulang bawang. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) dan dilaksanakan dengan menggunakan metode kualitatif yakni penelitian yang membahas masalah suervisi dan kinerja guru di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri Rawa Pitu Kabupaten Tulang Bawang. Temuan lapangan dalam penelitian ini adalah: (1) Pelaksanaan supervisi kepala sekolah dalam meningkatkan kompetensi, kinerja guru sudah dilakukan dengan baik oleh Kepala Sekolah Menengah Kejuruan Negeri Rawa Pitu, melalui tiga tahapan yaitu merencanakan program supervisi, pelaksanaan supervisi dan evaluasi supervisi. (2) Meningkatkan kompetensi kinerja guru sudah dilakukan oleh kepala sekolah dengan berbagai cara, diantaranya mendorong guru dalam menggunakan sarana dan prasarana pembelajaran, mengikutsertakan guru dalam pelatihan, workshop, MGMP, monitoring dan evaluasi kegiatan pembelajaran, memberikan kesempatan kepada guru untuk melanjutkan pendidikannya kenjenjang yang lebih tinggi. (3) Kendala dan Solusi dalam pelaksanaan supervise kepala Sekolah Menengah Kejuruan Negeri Rawa Pitu adalah waktu pelaksanaan supervisi,guru merasa terbebani ketika disupervisi. Upaya yang dilakukan Kepala Sekolah Menengah Kejuruan Negeri Rawa Pitu untuk mengatasi kendala-kendala dalam pelaksanaan supervisi diantaranya pengaturan jadwal yang lebih efektif, memberi pemaham guru agar menjadikan supervisi sebagai kebutuhan guru, di setiap awal tahun pelajaran pihak sekolah telah mengadakan IHT dengan memanggil nara sumber yang ahli dibidangnya dan melengkapi sarana dan prasarana yang menunjang proses pembelajaran. Dari analisis tersebut dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan supervise kepala sekolah dalam meningkatkan kopetensi guru masih belum berjalan efektif, hal ini dapat dilihat dari proses pelaksanaan supervise kepala sekolah yang belum maksimal. Jika supervise kepala sekolah sudah berjalan dengan baik akan sangat membantu meningkatkan kopetensi kinerja guru yang akan berpengaruh kepada proses kegiatan belajar mengajar yang bermutu.
Item Type: | Thesis (Tesis (S2)) |
---|---|
Additional Information: | 023/PASCA MANAJEMEN PENDIDIKAN/2021 |
Uncontrolled Keywords: | Supervisi Kepala Sekolah,dalam meningkatkan Kopetensi Kinerja Guru |
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > Manajemen Pendidikan |
Divisions: | Pascasarjana > S2 Administrasi Pendidikan |
Depositing User: | M Derie Santana |
Date Deposited: | 15 Mar 2022 08:00 |
Last Modified: | 15 Mar 2022 08:00 |
URI: | http://eprints.ummetro.ac.id/id/eprint/1224 |
Actions (login required)
View Item |