ariani, maya (2021) PERAN KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN FUNGSI LINGKUNGAN SEKOLAH HIJAU DI TAMAN KANAK-KANAK PERTIWI BANJARKERTAHAYU KECAMATAN WAY PENGUBUAN KABUPATEN LAMPUNG TENGAH. Tesis (S2) thesis, Universitas Muhammadiyah Metro.
|
Text
COVER.pdf Download (5MB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (11kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (317kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (278kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (121kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (223kB) | Preview |
Abstract
Lingkungan adalah tempat manusia saling berinteraksi, yang memberikan kontribusi di semua lini kehidupan perilaku bijak terhadap lingkungan dikenalkan pada anak sejak dini usia, agar pemahaman untuk menjaga kelestarian lingkungan dapat tertanam secara menyeluruh. Interaksi anak dengan alam sekitarnya, harus tertata dengan baik agar saling mendukung dan saling menguntungkan. Melalui pembelajaran sekolah hijau di PAUD dapat disosialisasikan menjadi sebuah pembelajaran berbasis ekologi. Pengenalan semenjak dini akan mempunyai efek yang signifikan dari peristiwa yang dialami anak itu mengular dan menjadi bola salju bagi manusia. Menyadari peristiwa itu sebagai akibat dari perbuatan puluhan tahun ke belakang, akhirnya jiwa anak akan terbiasa dengan memiliki lingkungan yang bersih, lingkungan yang sehat. Dengan berorientasi memulihkan lingkungan untuk masa depan, pemerintah pusat sampai pemerintahan terendah di daerah mulai menggulirkan kebijakan-kebijakan ramah ekologi bagi anak rentang usia dini, yang terus ditindak lanjuti masyarakat Tujuan penelitian ini adalah mengetahui peran kepala sekolah dalam meningkatkan fungsi lingkungan sekolah hijau di TK Pertiwi Banjarkertahayu Kecamatan way pengubuan Kabupaten Lampung Tengah. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif. Adapun fokus pada peran kepala sekolah dalam meningkatkan fungsi lingkungan sekolah hijau di TK Pertiwi Banjarkertahayu Kecamatan Way Pengubuan Kabupaten Lampung Tengah Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif. Menurut Suharsimi Arikunto (2006:12) penelitian deskriptif merupakan penelitian non hipotesis sehingga dalam langkah penelitiannya tidak perlu merumuskan hipotesis, Hasil penelitian diperoleh data: (1) Perencanaan program sekolah hijau dengan baik,(2) Pelaksanaan Implementasi kompetensi kepala sekolah ditinjau dari kompetensi manajerial melalui sub aspek menyusun perencanaan sekolah, mengembangkan organisasi, memimpin sekolah, mengelola perubahan, menciptakan budaya sekolah, mengelola guru dan staf, mengelola sarana-prasarana, mengelola hubungan sekolah dan masyarakat, mengelola peserta didik, mengelola pengembangan kurikulum, mengelola keuangan, mengelola ketatausahaan, (3) kompetensi kepala sekolah ditinjau dari aspek kompetensi kewirausahaan melalui sub aspek menciptakan inovasi untuk pengembangan sekolah, bekerja keras untuk mencapai keberhasilan sekolah, Kendala yang ditemui pada peran kepala sekolah dalam meningkatkan fungsi lingkungan sekolah hijau adalah kurangnya pengetahuan para dewan guru dalam memanfaatkan lingkungan dengan berbudidaya tanaman yang di integrasikan dengan kegiatan belajar mengajar, sedangkan solusinya dengan mendatangkan narasumber yang berpengalaman dalam berbudidaya tanaman yang diintegrasikan dalam kegiatan belajar mengajar serta cara menata lingkungan sekolah dengan baik dan benar
Item Type: | Thesis (Tesis (S2)) |
---|---|
Additional Information: | 021/PASCA MANAJEMEN PENDIDIKAN/2021 |
Uncontrolled Keywords: | Peran Kepala Sekolah, Sekolah Hijau |
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > Manajemen Pendidikan |
Divisions: | Pascasarjana > S2 Administrasi Pendidikan |
Depositing User: | M Derie Santana |
Date Deposited: | 15 Mar 2022 07:41 |
Last Modified: | 15 Mar 2022 07:41 |
URI: | http://eprints.ummetro.ac.id/id/eprint/1222 |
Actions (login required)
View Item |