kurniasih, yuliana (2021) MANAJEMEN KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN PRODUKTIVITAS KERJA GURU DI TK AL-FALAH BANDAR JAYA BARAT TERBANGI BESAR LAMPUNG TENGAH. Tesis (S2) thesis, Universitas Muhammadiyah Metro.
|
Text
COVER.pdf Download (799kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (9kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (182kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (198kB) | Preview |
|
|
Text
BAB VI.pdf Download (98kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (20kB) | Preview |
Abstract
Adapun tujuan yang ingin dicapai dari penelitian ini adalah sebagai berikut: (1) Mendeskripsikan bagaimanakah lagkah-langkah manajemen kepala sekolah dalam meningkatkan produktivitas kerja guru di TK Al-Falah Bandar Jaya Barat Terbanggi Besar Lampung Tengah. (2) Mendeskripsikan bagaimanakah proses tingkatan produktivitas kerja guru di TK Al-Falah Bandar Jaya Barat Terbanggi Besar Lampung Tengah. (3) Mengetahui apa sajakah faktor yang mempengaruhi manajemen kepala sekolah dalam meningkatkan produktivitas kerja guru di TK Al-Falah Bandar Jaya Barat Terbanggi Besar Lampung Tengah. (4) Mengetahui apa sajakah solusi dari manajemen kepala sekolah dalam meningkatkan produktivitas kerja guru di TK Al-Falah Bandar Jaya Barat Terbanggi Besar Lampung Tengah. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Subyek dalam penelitian ini adalah kepala sekolah dan guru. Teknik dalam pengumpulan data dengan melakukan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan teknik reduksi data, teknik penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil yang telah tercapai adalah: (1) Dalam memanajemen guru-gurunya di TK Al-Falah Bandar Jaya Barat, kepala sekolah telah mengambil langkah yang tepat yakni: memotivasi semangat kerja, pembinaan disiplin, memberikan konsultasi, memberikan penghargaan, menunjukkan sikap dan peilaku teladan, melakukan kunjungan kelas, mengembangkan profesi guru, dan membangun kelompok kerja aktif, (2) Tingkatan proses produktivitas kerja guru mengalami perubahan yang signifikan, ini ditandai dengan perubahan penilaian keaktifan dari para guru-guru TK Al-Falah, (3) Faktor penghambat manajemen kepala sekolah dalam meningkatkan produktivitas kerja guru diantaranya: (a) dana yang didapat hanya dari SPP siswa, (b) fasilitas pendidikan yang belum memadai, (c) kesejahtraan guru yang belum terpenuhi, dan (d) kegiatan supervisi belum dilakukan secara kontinu. Sedangkan faktor pendukung antara lain: (a) Ketaatan dan kepatuhan guru-guru terhadap nilai kedisiplinan yang telah ditetapkan oleh sekolah, (b) Kesadaran dan kedisiplinan guru-guru dalam menjalankan kewajibannya untuk melaksanakan kegiatan pembelajaran, dan (c) Keinginan yang antusias dan semangat dari guru-guru untuk berpartisipasi dalam mengikuti pelatihan-pelatihan dan berperan aktif dalam kegiatan MGMP. Solusi kepala sekolah dalam meningkatkan produktivitas kerja guru adalah: (a) Terus meberikan motivasi yang sifatnya membimbing guna meningkatkan kesadaran dan kedisiplinan para guru di TK Al-Falah, (b) Memfasilitasi sarana dan prasarana belajar dengan menggunakan media berbasis IT misalnya, computer, laptop, LCD dan pengadaan buku-buku sebagai penambah referensi wawasan guru dan siswa, (c) Selalu memberikan kesempatan kepada siapa saja yang ingin melanjutkan mengikuti pelatihan, seminar pendidikan ataupun diklat guna menambah wawasan akademik para guru.
Item Type: | Thesis (Tesis (S2)) |
---|---|
Additional Information: | 022/PASCA MANAJEMEN PENDIDIKAN/2021 |
Uncontrolled Keywords: | manajemen, kepala sekolah, produktivitas kerja guru |
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > Manajemen Pendidikan |
Divisions: | Pascasarjana > S2 Administrasi Pendidikan |
Depositing User: | M Derie Santana |
Date Deposited: | 15 Mar 2022 07:33 |
Last Modified: | 15 Mar 2022 07:33 |
URI: | http://eprints.ummetro.ac.id/id/eprint/1221 |
Actions (login required)
View Item |