PENGARUH PENGUASAAN APLIKASI MYOB ACCOUNTING MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA DI SMK MUHAMMADIYAH SE- KABUPATEN TULANG BAWANG BARAT LAMPUNG

tisngatun nahriah, dani (2021) PENGARUH PENGUASAAN APLIKASI MYOB ACCOUNTING MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA DI SMK MUHAMMADIYAH SE- KABUPATEN TULANG BAWANG BARAT LAMPUNG. Tesis (S2) thesis, Universitas Muhammadiyah Metro.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (528kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (90kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (293kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (663kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (13kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (272kB) | Preview
Official URL: https://eprints.ummetro.ac.id

Abstract

Penguasaan aplikasi myob accounting dan motivasi belajar dalam dunia pendidikan merupakan faktor yang sangat mempengaruhi presatasi belajar siswa. Dalam penelitian ini, masalah yang dihadapi adalah untuk mengetahui seberapa jauh pengaruh penguasaan aplikasi myob accounting dan motivasi belajar terhadap preatasi belajar siswa mata pelajaran komputer akuntansi di SMK Muhammadiyah se-Kabupaten Tulang Bawang Barat Lampung pada mata pelajaran Komputer Akuntansi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pengaruh penguasaan aplikasi myob accounting dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar siswa mata pelajaran komputer akuntansi di SMK Muhammadiyah se-Kabupaten Tulang Bawang Barat Lampung. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif korelasi dengan metode deskriptif verifikasi dengan pendekatan Survey, yang bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh penguasaan aplikasi myob accounting dan motivasi belajar terhadap preatasi belajar siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI perbankan syariah dan akuntansi, kelas XII perbankan syariah dan akuntansi yang berjumlah 112 siswa. Dari populasi tersebut diambil sampel secara acak sejumlah 53 siswa. Variabel penelitian ini adalah penguasaan aplikasi myob accounting (X1), motivasi belajar (X2) dan prestasi belajar siswa (Y). Tehnik pengumpulan data dengan dokumentasi, dan angket. Hipotesis penelitian ini menggunakan korelasi pearson product moment. Berdasarkan pembahasan hasil penelitian melalui hasil uji hipotesis Nilai thitung variabel penguasaan aplikasi myob accounting secara parsial berpengaruh terhadap prestasi belajar karena nilai thitung > ttabel yaitu 2.633 > 2019 atau nilai signifikan 0,011 < 0,05 dan ada pengaruh motivasi belajar terhadap Prestasi belajar siswa nilai t hitung > t tabel yaitu 9.998 < 2019 atau nilai sigfinikan 0,000 < 0,05. Hasil uji hipotesis simultan dinyatakan secara bersama-sama berpengaruh penguasaan aplikasi myob accounting dan motivasi belajar terhadap Prestasi belajar siswa yaitu nilai fhitung > ftabel yaitu 112.556 > 3.179 atau nilai signifikasi 0,018 < 0,05. Dan Hasil Uji Koefisien Determinasi variabel (X1, X2) secara bersama-sama terhadap (Y) diketahui bahwa nilai R Square sebesar 0,818. Hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa nilai kemampuan dari variabel bebas terhadap variabel terikat amat terbatas. Artinya besarnya pengaruh variabel penguasaan aplikasi Myob Accounting (X1) dan Motivasi Belajar (X2) secara bersama-sama terhadap Prestasi Belajar siswa (Y) adalah sebesar 81,8% sedangkan sisanya sebesar 19,2% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak dikaji pada penelitian ini

Item Type: Thesis (Tesis (S2))
Additional Information: 033/PASCA MANAJEMEN PENDIDIKAN/2021
Uncontrolled Keywords: Penguasaan Aplikasi Myob Accounting, Motivasi Belajar, Prestasi Belajar Siswa
Subjects: 300 Ilmu Sosial > Manajemen Pendidikan
Divisions: Pascasarjana > S2 Administrasi Pendidikan
Depositing User: M Derie Santana
Date Deposited: 15 Mar 2022 07:24
Last Modified: 15 Mar 2022 07:24
URI: http://eprints.ummetro.ac.id/id/eprint/1220

Actions (login required)

View Item View Item