PENGEMBANGAN LKPD BERBASIS MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) MELALUI STUDI KASUS ANALISIS KUALITAS AIR SUNGAI BEKRI AKIBAT LIMBAH PABRIK PTPN 7 UNTUK MATERI POKOK PERUBAHAN LINGKUNGAN KELAS X

Pratiwi, Nurwita (2020) PENGEMBANGAN LKPD BERBASIS MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) MELALUI STUDI KASUS ANALISIS KUALITAS AIR SUNGAI BEKRI AKIBAT LIMBAH PABRIK PTPN 7 UNTUK MATERI POKOK PERUBAHAN LINGKUNGAN KELAS X. Skripsi (S1) thesis, Universitas Muhammadiyah Metro.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (6kB) | Preview
[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (4MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (147kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (164kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (100kB) | Preview
Official URL: http://eprints.ummetro.ac.id

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah 1) membantu peserta didik untuk mencapai tujuan pembelajaran yang sesuai dengan tujuan kurikulum 2013, yaitu menekankan proses pembelajaran berbasis masalah. 2) untuk memanfaatkan sumber daya alam berpa Sungai Bekri yang dapat dimanfaatkan sebagai media belajar peserta didik. Penelitian yang dilakukan melalui 4 tahapan yaitu, define (pendefinisian), design (perancangan), development (pengembangan), dan dissemination (penyebaran). Pada tahap define peneliti melakukan survey di MA Bustanul Ulum Jaya sakti untuk mencari permasalahan yang terjadi melalui langkah wawancara dan observasi dengan guru mata pelajaran Biologi. Tahap desaign peneliti menyusun rancangan pengembangan LKPD yang akan dikembangkan. Tahap development ini peneliti menghasilkan LKPD berbasis model pembelajaran PBL pada materi pokok perubahan lingkungan. Pada tahapan ini juga dilakukan proses validasi kelayakan produk oleh ahli materi, guru mata pelajaran, ahli desain, dan proses uji coba pada peserta didik di MA Bustanul Ulum Jaya sakti. Hasil persentase yang didapatkan dari validasi ahli materi sebesar 88%-92%, ahli desain sebesar 90%-94%, guru mata pelajaran 92%, dan uji coba peserta didik sebesar 84%-94%, hal ini menyatakan bahwa LKPD yang dikembangkan layak untuk digunakan dalam proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Skripsi (S1))
Additional Information: 044/Pend. Biologi/2020
Uncontrolled Keywords: pengembangan, LKPD, Problem Based Learning
Subjects: 500 Ilmu Murni > Biologi, Ilmu Hayati
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: Dharma Prasetyawan
Date Deposited: 24 Nov 2020 02:40
Last Modified: 24 Nov 2020 02:40
URI: http://eprints.ummetro.ac.id/id/eprint/221

Actions (login required)

View Item View Item