PENGARUH KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DAN KINERJA GURU TERHADAP MUTU PENDIDIKAN SMK KABUPATEN LAMPUNG TIMUR

wahyono, endro (2021) PENGARUH KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DAN KINERJA GURU TERHADAP MUTU PENDIDIKAN SMK KABUPATEN LAMPUNG TIMUR. Tesis (S2) thesis, Universitas Muhammadiyah Metro.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (71kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (143kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (291kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (63kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (122kB) | Preview
Official URL: https://eprints.ummetro.ac.id

Abstract

Keberhasilan pendidikan dalam sekolahan sangat ditentukan oleh mutu pendidikan. Sedangkan mutu pendidikan dipengaruhi oleh banyak faktor. Kepemimpinan kepala sekolah dan kinerja guru merupakan faktor-faktor yang mempengaruhi mutu pendidikan. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) apakah kepemimpinan kepala sekolah berpengaruh terhadap mutu pendidikan? (2) apakah kinerja guru berpengaruh terhadap mutu pendidikan?, (3) apakah kepemimpinan kepala sekolah dan kinerja guru secara bersama-sama berpengaruh terhadap mutu pendidikan?. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kepemimpinan kepala sekolah terhadap mutu pendidikan, pengaruh kinerja guru terhadap mutu pendidikan, dan pengaruh kepemimpinan kepala sekolah dan kinerja guru secara bersama-sama terhadap mutu pendidikan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri di Kabupaten Lampung Timur. Penelitian ini dilaksanakan tanggal 15 Februari sampai dengan 28 Maret 2021. Pendekatan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif, yang terdapat tiga variabel yaitu kepemimpinan kepala sekolah (X1), kinerja guru (X2), dan mutu pendidikan (Y). Sampel dalam penelitian ini adalah 71 orang guru. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah angket dan kuesioner.Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis regresi linier sederhana dan analisis regresi berganda. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) ada pengaruh yang positif dan signifikan kepemimpian kepala sekolah terhadap mutu pendidikan sebesar 7,7%, (2) ada pengaruh positif dan signifikan kinerja guru terhadap mutu pendidikan sebesar 15,9%, (3) ada pengaruh positif dan signifikan kepemimpinan kepala sekolah dan kinerja guru secara bersama-sama terhadap mutu pendidikan sebesar 8,0%.

Item Type: Thesis (Tesis (S2))
Additional Information: 029/PASCA MANAJEMEN PENDIDIKAN/2021
Uncontrolled Keywords: Kepemimpinan kepala sekolah, kinerja guru, mutu pendidikan
Subjects: 300 Ilmu Sosial > Manajemen Pendidikan
Divisions: Pascasarjana > S2 Administrasi Pendidikan
Depositing User: M Derie Santana
Date Deposited: 16 Mar 2022 07:42
Last Modified: 16 Mar 2022 07:42
URI: http://eprints.ummetro.ac.id/id/eprint/1229

Actions (login required)

View Item View Item