PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN SCRAPBOOK PADA MATERI PERMASALAHAN KETENAGAKERJAAN DI INDONESIA SMA N 1 LABUHAN RATU

Qoriah, Hesti (2021) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN SCRAPBOOK PADA MATERI PERMASALAHAN KETENAGAKERJAAN DI INDONESIA SMA N 1 LABUHAN RATU. Skripsi (S1) thesis, Universitas Muhammadiyah Metro.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (7MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (7MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (91kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (152kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (81kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR LITERATUR.pdf

Download (71kB) | Preview
Official URL: http://eprints.ummetro.ac.id/

Abstract

Media pembelajaran sangat berperan penting dalam proses pembelajaran. Media pembelajaran yang digunakan di SMA Negeri 1 labuhan ratu kurang variatif. Media yang digunakan masih berupa buku cetak ekonomi dan LCD sehingga kurangnya motivasi belajar peserta didik dalam proses pembelajaran. Maka diketahui bahwa media yang digunakan belum bisa menarik minat peseta didik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menghasilkan media pembelajaran scrapbook materi permasalahan ketenagakerjaan di indonesia kelas XI SMA Negeri 1 Labuhan ratu yang valid dan praktis. Maka diperlukan media yang bisa menarik peserta didik dalam menguasai materi yang disampaikan oleh guru. Penelitian yang dilakukan adalah jenis penelitian pengembangan atau menggunakan model pengembangan 4D. Proses untuk menghasilkan scrapbook diawali dengan tahap validasi oleh ahli media,ahli desain dan ahli materi. Scrapbook juga diujicobakan ke sekolah untuk mengukur respon peserta didik kelas XI SMA Negeri 1 Labuhan ratu. Berdasarkan hasil pengembangan media pembelajaran scrapbook diketahui hasil rekapitulasi dari ahli media dengan skor presentase tahap akhir 77% Masuk dalam kategori kuat dan dinyatakan valid. Hasil rekapitulasi dari ahli desain dengan skor presentase tahap akhir 90% dalam kategori sangat kuat dan dinyatakan valid. Hasil rekapitulasi dari ahli materi dengan skor presentase tahap akhir 80% masuk dalam kategori kuat dan dinyatakan valid. Selanjutnya uji kepraktisan oleh peserta didik kelas XI IPS 3 SMA Negeri 1 Labuhan ratu mendapatkan skor 85,4% dan masuk dalam kategori sangat praktis sehingga dinyatakan praktis.Penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran scrapbook adalah media pembelajaran yang valid dan praktis untuk digunakan dalam proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Skripsi (S1))
Additional Information: 001/Pend.Ekonomi/2021
Uncontrolled Keywords: Media pembelajaran, Scrapbook, Pengembangan
Subjects: 300 Ilmu Sosial > Pendidikan
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Dharma Prasetyawan
Date Deposited: 25 Jan 2022 01:49
Last Modified: 25 Jan 2022 01:49
URI: http://eprints.ummetro.ac.id/id/eprint/938

Actions (login required)

View Item View Item