PENGEMBANGAN E-COMIC BERBASIS ANDROID SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN KELAS XI SMA PARAMARTA 1 SEPUTIH BANYAK LAMPUNG TENGAH

khotimah, nurul (2020) PENGEMBANGAN E-COMIC BERBASIS ANDROID SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN KELAS XI SMA PARAMARTA 1 SEPUTIH BANYAK LAMPUNG TENGAH. Skripsi (S1) thesis, https://ummetro.ac.id/.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (8MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (91kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (109kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (908kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (80kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (75kB) | Preview
Official URL: https://lib.ummetro.ac.id/

Abstract

Media pembelajaran berperan penting dalam proses komunikasi antara guru dengan peserta didik secara optimmal. Namun media pembelajaran yang digunakan belum sepenuhnya memenuhi kebutuhan peserta didik dalam proses pembelajaran. Dalam perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi serta adanya revolusi industry 4.0 semakin mendorong berbagai upaya untuk memanfaatkan teknologi, dangan adanya hal tersebut dapat mendorong pelaksanaan pembelajaran menjadi lebih variatif dan inovatif. Tujuan dari pengembangan ini adalah untuk menghasilkanmedia E-comic berbasis android sebagai media pembelajaran pada materi kebijakan moneter dan kebijakan fiskal kelas xi sma paramarta 1 seputih banyak yang valid dan praktis. Penelitian yang dilakukan menggunakan R&D (Research and Development) atau penelitian pengembangan dengan model pengembangan 4D (Define, Design, Development, Disseminate). Proses untuk mengembangkan E-comic diawali dengan tahap validasi oleh 2 ahli media, 1 ahli materi. E-comic juga diuji cobakan ke kelompok kecil untuk melihat respon peserta didik kelas Xl SMA Paramarta 1 Seputih Banyak.Hasil penelitian mengalami peningkatan, hal ini ditunjukkan oleh hasil validasi dari ahli media pembelajaran dengan persentase sebesar 91,2% dengan krikteria sangat kuat, hasil penilaian oleh ahli materi dengan persentase 91,4% dengan krikteria sangat kuat, dan hasil pengujian secara daring dengan kelompok kecil yaitu 10 orang dari 30 orang peserta didik dengan persentase 88% termasuk dalam kriteria Sangat Kuat. Berdasarkan presentase yang diperoleh maka E-comic dinyatakan valid dan praktis untuk digunakan sebagai media pembelajaran.

Item Type: Thesis (Skripsi (S1))
Additional Information: 020/Pend.Ekonomi/2020
Uncontrolled Keywords: Android, E-comic, Media Pembelajaran, Teknologi
Subjects: 300 Ilmu Sosial > Ilmu Ekonomi
300 Ilmu Sosial > Pendidikan
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: M Derie Santana
Date Deposited: 03 Sep 2021 04:00
Last Modified: 03 Sep 2021 04:00
URI: http://eprints.ummetro.ac.id/id/eprint/693

Actions (login required)

View Item View Item