PENGEMBANGAN BAHAN AJAR REALISTIC MATHEMATIC EDUCATION (RME) BERBANTU FOTONOVELA PADA MATERI RELASI DAN FUNGSI PADA KELAS VIII SMP NEGERI 1 KOTAGAJAH TAHUN PELAJARAN 2019/2020

INDRIYATI, REVI DIAH AYU (2020) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR REALISTIC MATHEMATIC EDUCATION (RME) BERBANTU FOTONOVELA PADA MATERI RELASI DAN FUNGSI PADA KELAS VIII SMP NEGERI 1 KOTAGAJAH TAHUN PELAJARAN 2019/2020. Skripsi (S1) thesis, Universitas Muhammadiyah Metro.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (10MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (69kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (109kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (175kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (66kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (73kB) | Preview
Official URL: http://eprints.ummetro.ac.id

Abstract

Penelitian ini untuk mengetahui validitas dan kepraktisan bahan ajar Realistic Mathematic Education (RME) berbantu fotonovela di SMP Negeri 1 Kotagajah. Jenis penelitian yang digunakan adalah model pengembangan ADDIE . Tahapan penelitian ini adalah tahap analisis (analysis), desain (design), pengembangan (development), implementasi (implementation), dan evaluasi (evaluation). Instrumen pengumpulan data ini melalui teknik wawancara dan angket yang disebarkan kepada ahli validasi serta peserta didik untuk menguji tingkat kepraktisan. Hasil validasi bahan ajar Realistic Mathematic Education (RME) berbantu Fotonovela pada materi relasi dan fungsi kelas VIII SMP Negeri 1 Kotagajah adalah sangat valid dan sangat praktis. Hal ini terlihat dari persentase dari validasi ahli materi diperoleh 79,17% dengan kriteria “valid” dan hasil presentase dari ahli desain memperoleh 88,12% dengan kategori “sangat valid”. Hasil presentase dari ahli materi dan ahli desain selanjutnya dirata-rata sehingga diperoleh persentase validator adalah 83,65% dengan kriteria “sangat valid”, sedangkan dari uji kelompok kecil diperoleh hasil rata-rata 89%, ini berarti bahan ajar yang dikembangkan memenuhi kategori sangat praktis. Berdasarkan kriteria yang telah ditetapkan maka bahan ajar yang dikembangkan memenuhi kriteria valid dan praktis.

Item Type: Thesis (Skripsi (S1))
Additional Information: 009/Pend.Matematika/2020
Uncontrolled Keywords: bahan ajar; fotonovela; pengembangan; Realistic Mathematic Education.
Subjects: 300 Ilmu Sosial > Pendidikan
500 Ilmu Murni > Matematika
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: M Derie Santana
Date Deposited: 12 Jan 2021 03:20
Last Modified: 12 Jan 2021 03:21
URI: http://eprints.ummetro.ac.id/id/eprint/453

Actions (login required)

View Item View Item