FADILLAH, ADINIA PUTRI (2024) PENGARUH LAYANAN KONSELING KELOMPOK STRATEGI SELF COMPASSION UNTUK MEREDUKSI STRES AKADEMIK PESERTA DIDIK SMK NEGERI 3 METRO. Skripsi (S1) thesis, Universitas Muhammadiyah Metro.
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (183kB) | Preview |
|
|
Text
COVER_compressed_11zon.pdf Download (836kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (178kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (192kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (100kB) | Preview |
|
|
Text
DAPUS.pdf Download (146kB) | Preview |
Abstract
Stres akademik merupakan keadaan yang diakibatkan oleh tekanan terkait tuntutan pendidikan yang jika tidak diatasi dapat berdampak negatif bagi peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh layanan konseling kelompok-self compassion dalam mereduksi stres akademik peserta didik SMK Negeri 3 Metro. Hasil pretest menunjukkan 6 dari 10 peserta didik mengalami stres akademik tinggi. Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen dengan pre-experimental design bentuk one-group pretest-posttest design. Perlakuan yang diberikan adalah layanan konseling kelompok-self compassion sebanyak 3 kali pertemuan. Analisis data menggunakan uji paired sample t-test dengan bantuan JAMOVI. Hasil penelitian menunjukkan nilai p<0,001 dan cohen's d=3,28 yang berarti terdapat penurunan signifikan tingkat stres akademik setelah mendapat perlakuan. Secara keseluruhan, dapat disimpulkan bahwa layanan konseling kelompok strategi self compassion berpengaruh positif dalam mereduksi stres akademik peserta didik SMK Negeri 3 Metro.
Item Type: | Thesis (Skripsi (S1)) |
---|---|
Additional Information: | 01/S1 BIMBINGAN DAN KONSELING/2024 |
Uncontrolled Keywords: | Konseling Kelompok, Self Compassion, Stres Akademik |
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > Bimbingan dan Konseling |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1 Bimbingan Konseling |
Depositing User: | intan arum sari |
Date Deposited: | 19 Feb 2025 03:00 |
Last Modified: | 19 Feb 2025 03:00 |
URI: | http://eprints.ummetro.ac.id/id/eprint/3416 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |