PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL DAN MOTIVASI KERJA TERHADAP KINERJA GURU SD NEGERI KECAMATAN BANDAR SRIBHAWONO KABUPATEN LAMPUNG TIMUR

FITRIYANA, IDA (2024) PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL DAN MOTIVASI KERJA TERHADAP KINERJA GURU SD NEGERI KECAMATAN BANDAR SRIBHAWONO KABUPATEN LAMPUNG TIMUR. Tesis (S2) thesis, Universitas Muhammadiyah Metro.

[img]
Preview
Text
Cover IDA Fitriyana S2 UM Metro.pdf

Download (406kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak 2024-1.pdf

Download (39kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (51kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (106kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (10kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (37kB) | Preview

Abstract

Faktor yang mempengaruhi kinerja guru di UPTD SD Negeri di Kecamatan Bandar Sribhawono terfokus pada dua faktor, yaitu berupa tingkat kecerdasan emosional guru dan motivasi kerja guru. Berdasarkan hasil presurvey, bahwa iklim lingkungan kerja yang tidak kondusif, serta tidak terjalinnya komunikasi yang baik akan mempengaruhi kecerdasan emosional guru dan motivasi kerjanya, sehingga hal tersebut berdampak pada kinerja guru UPTD SD Negeri Kecamatan Bandar Sribhawono. Peneitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh besar atau kecilnya Kecerdasan Emosional (X 1 ) dan Motivasi Kerja (X 2 ) terhadap Kinerja Guru (Y) SD di Kecamatan Bandar Sribhawono Kabupaten Lampung Timur. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif untuk mengukur Kecerdasan Emosional (X 1 ) dan Motivasi Kerja (X 2 ) terhadap Kinerja Guru (Y) Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu angket. Selanjutnya data yang diperoleh setelah dikumpulkan tersebut dianalisis melalui teknik Analisis Regresi Berganda. Berdasarkan analisis yang diperoleh Terdapat pengaruh yang signifikan antara kecerdasan emosional terhadap kinerja guru. Terdapat pengaruh yang signifikan antara kecerdasan emosional terhadap kinerja guru. Kecerdasan emosional berkaitan dengan proses pengelolaan diri serta perasaan seorang guru, apabila guru tidak dapat mengelola dirinya sendiri serta perasaannya, maka hal tersebut secara langsung akan mempengaruhi pola kinerja yang dilakukan olehnya. Temuan penelitian juga mengungkapkan bahwa seorang yang guru ingin berprestasi dan memiliki kinerja yang baik maka guru tersebut hendaknya harus memiliki motiviasi yang tinggi dalam mendasari untuk mencapai keinginan tersebut. Oleh karena itu, kecerdasan emosional dan motivasi kerja berpengaruh secara langsung pada kinerja guru.

Item Type: Thesis (Tesis (S2))
Additional Information: 45/S2 Administrasi Pendidikan/2024
Uncontrolled Keywords: Kecerdasan Emosional; Motivasi Kerja; Kinerja Guru.
Subjects: 300 Ilmu Sosial > Administrasi Pendidikan
Divisions: Pascasarjana > S2 Administrasi Pendidikan
Depositing User: isna isna isna
Date Deposited: 19 Feb 2025 01:15
Last Modified: 19 Feb 2025 01:15
URI: http://eprints.ummetro.ac.id/id/eprint/3395

Actions (login required)

View Item View Item