MARISTA, ANGGITA DIAN (2024) PERLINDUNGAN HUKUM NASABAH PENGGUNA LAYANAN AGEN BRILINK PADA KEGIATAN PERBANKAN PADA BRILINK. Skripsi (S1) thesis, Universitas Muhammadiyah Metro.
|
Text
CAVER,.pdf Download (389kB) | Preview |
|
|
Text
Abstrak 2024.pdf Download (5kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (197kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (94kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (81kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (87kB) | Preview |
Abstract
BRILink merupakan program kerjasama antara BRI dengan nasabah seperti agen BRILink Sekampung Lampung Timur ini. Agen BRI Link terdekat di Sekampung Lampung Timur tersebut nantinya dapat melayani transaksi perbankan seperti tarik tunai, isi pulsa, isi token listrik dan fasilitas lainnya. Dari segi nasabah sebagai konsumen juga memiliki risiko mengalami kerugian, misal penipuan atau tidak terselesaikannya transaksi yang dilakukan. Berdasarkan hal tersebut maka maka tujuan penelitian ini untuk mengetahui perlindungan hukum nasabah pengguna layanan agen Brilink pada kegiatan perbankan pada brilink dan untuk mengetahui faktor penghambat dalam perlindungan hukum nasabah pengguna layanan agen brilink pada kegiatan perbankan pada brilink. Penulis di dalam melakukan penelitian, menggunakan dua pendekatan, yaitu pendekatan yuridis normatif dan pendekatan yuridis empiris. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan, maka kesimpulan dalam penelitian ini yaitu perlindungan hukum nasabah pengguna layanan agen Brilink pada kegiatan perbankan pada brilink yaitu perlindungan hukum secara perventif untuk mencegah terjadinya permasalahan atau sengketa, sedangkan perlindungan secara represif bertujuan untuk menyelesaikan permasalahan atau sengketa yang timbul. Upaya perlindungan yang diberikan BRI yaitu memberikan edukasi melalui saleskit agen BRILink dan iklan layanan masyarakat mengenai transaksi perbankan. Faktor penghambat dalam perlindungan hukum nasabah pengguna layanan agen brilink pada kegiatan perbankan pada brilink yaitu agen BRILink kurang memperhatikan keluhan nasabah, ketidakpahaman nasabah itu sendiri, permasalahan hukum di Agen BRILink yang tidak jelas dan belum diatur secara eksplisit, permasalahan lintas batas dalam transaksi Agen BRILink juga sedikit banyak terkait dengan aspek hukum yang belum jelas, dan risiko transaksi. Berdasarkan kesimpulan di atas, maka saran yang diberikan dalam penelitian ini yaitu peningkatan edukasi mengenai pelayanan perbankan kepada nasabah dan agen BRILink. Edukasi ini berkenaan dengan perkembangan yang dirasa belum dapat diikuti oleh sumber daya manusianya, dalam hal ini nasabah maupun agen BRILink. Diharapkan tidak hanya edukasi melalui sales kit dan iklan layanan masyarakat saja, tetapi ada pelatihan atau pembinaan yang intens untuk nasabah dan agen agar tingkat resiko kerugian tidak terus meningkat.
Item Type: | Thesis (Skripsi (S1)) |
---|---|
Additional Information: | 04/S1 Ilmu Hukum/2024 |
Uncontrolled Keywords: | Perlindungan Hukum, Nasabah, Agen Brilink |
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > Ilmu Hukum |
Divisions: | Fakultas Hukum > S1 Hukum |
Depositing User: | isna isna isna |
Date Deposited: | 18 Feb 2025 07:47 |
Last Modified: | 18 Feb 2025 07:47 |
URI: | http://eprints.ummetro.ac.id/id/eprint/3388 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |