EFEKTIVITAS LAYANAN BIMBINGAN KLASIKAL DENGAN TEKNIK SOSIODRAMA UNTUK MENGEMBANGKAN PERILAKU SOPAN SANTUN SISWA DI KELAS VIII SMP NEGERI 2 BANDAR MATARAM TAHUN PELAJARAN 2023/2024

NURHALIZA, SITI (2024) EFEKTIVITAS LAYANAN BIMBINGAN KLASIKAL DENGAN TEKNIK SOSIODRAMA UNTUK MENGEMBANGKAN PERILAKU SOPAN SANTUN SISWA DI KELAS VIII SMP NEGERI 2 BANDAR MATARAM TAHUN PELAJARAN 2023/2024. Skripsi (S1) thesis, Universitas Muhammadiyah Metro.

[img]
Preview
Text
COVER_compressed.pdf

Download (498kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (144kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (127kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (35kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR LITERATUR.pdf

Download (71kB) | Preview
[img]
Preview
Text
abstrak.pdf

Download (60kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas layanan bimbingan klasikal dengan teknik sosiodrama untuk mengembangkan sopan santun siswa kelas VIII. Jenis penelitian ini kuantitatif eksperimen. Subjek pada penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII SMP Negeri 2 Bandar Mataram. dengan metode yang digunakan pada penelitian ini yaitu Pre-Eksperimental one group design pre-test post-test. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini adalah angket perilaku sopan santun. Berdasarkan hasil pre-test pada kelas eksperimen diperoleh nilai rata-rata (mean) siswa sejumlah 141 (72,3%), dan hasil post-test diperoleh dengan nilai rata-rata (mean) 161 (82,6%). Hasil penelitian menyimpulkan bahwa layanan bimbingan klasikal dengan teknik sosiodrama efektif untuk mengembangkan perilaku sopan santun siswa. Saran untuk guru bimbingan dan konseling diharapkan dapat memanfaatkan layanan bimbingan klasikal dengan teknik sosiodrama untuk mengembangkan perilaku sopan santun siswa. Bagi orang tua diharapkan dapat memberikan pengawasan terhadap perilaku sopan santun siswa di lingkungan masyarakat, dan dapat ikut serta dalam membangun karakter perilaku sopan santun siswa. Bagi peserta didik diharapkan untuk dapat mengembangkan perilaku sopan santun yang baik di lingkungan masyarakat maupun di sekolah. Bagi peneliti berikutnya diharapkan untuk dapat mengembangkan penelitian ini dengan memanfaatkan pendekatan lain untuk mengembangkan perilaku sopan santun siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi (S1))
Additional Information: 015/S1 BIMBINGAN DAN KONSELING/2024
Uncontrolled Keywords: Perilaku Sopan Santun; Sosiodrama; Bimbingan Klasikal
Subjects: 300 Ilmu Sosial > Bimbingan dan Konseling
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1 Bimbingan Konseling
Depositing User: intan arum sari
Date Deposited: 18 Feb 2025 06:43
Last Modified: 18 Feb 2025 06:43
URI: http://eprints.ummetro.ac.id/id/eprint/3380

Actions (login required)

View Item View Item