KURNIA, BILLA FAJAR (2024) STRATEGI PENGEMBANGAN USAHA HOME INDUSTRI SANGKAR BURUNG DI KECAMATAN BUMIRATU LAMPUNG TENGAH (Studi Kasus Sangkar Burung Afta). Skripsi (S1) thesis, Universitas Muhammadiyah Metro.
|
Text
Abstrak 2024.pdf Download (6kB) | Preview |
|
|
Text
COVER.pdf Download (344kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (68kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (142kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (34kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR LITERATUR.pdf Download (35kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Suatu usaha dapat dikembangkan dengan menerapkan strategi-strategi tertentu sehingga dapat mengoptimalkan pendapatannya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor internal pengembangan usaha, mengetahui faktor eksternal pengembangan usaha dan mengetahui strategi yang dapat digunakan untuk pengembangan usaha home industri sangkar burung afta di Bumiratu Nuban. Penelitian ini menerapkan metode penelitian kualitatif dengan menganalisis strategi pengembangan usaha berupa sangkar burung pada home industri sangkar burung afta di Kecamatan Bumiratu Nuban Lampung Tengah. Dalam pengumpulan data penelitian melibatkan tiga orang narasumber yang merupakan pemilik home industri sangkar burung afta dan karyawannya.. Data diperoleh dengan melakukan wawancara dan penyebaran kuisioner untuk menentukan bobot dan rating pada aspek faktor internal dan eksternal perusahaan. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis SWOT yang terdiri dari Kekuatan (Strength), Kelemahan (Weakness), Peluang (Opportunities), dan Ancaman (Treath). Hasil penelitian menyebutkan bahwa Strategi S-O: (1) Mempertahankan kualitas produk dengan bahan baku yang berkualitas, (2) Menciptakan produk dengan desain menarik, dan (3) Membuat produk menggunakan teknologi/mesin. Strategi W-O: 1) Meningkatkan dan memperkuat jaringan pemasaran, 2) Menambah modal sehingga dapat merekrut karyawan. 3) Dengan karyawan yang memadai dapat memenuhi permintaan konsumen dalam jumlah banyak.Strategi S-T: 1) Mendesain produk yang menarik yang tak kalah dengan produk pabrik, 2) Mempertahankan produk yang berkualitas, 3) Membuat sangkar sesuai selera konsumen Strategi W-T: 1) Merekrut karyawan yang memiliki kreatifitas untuk memenuhi selera konsumen, 2) Meningkatkan promosi untuk menarik minat pembeli. .
Item Type: | Thesis (Skripsi (S1)) |
---|---|
Additional Information: | 146/S1 Manajemen/2024 |
Uncontrolled Keywords: | pengembangan usaha, lingkungan internal dan eksternal, SWOT |
Subjects: | 600 Ilmu Terapan > Manajemen |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > S1 Manajemen |
Depositing User: | isna isna isna |
Date Deposited: | 12 Feb 2025 07:17 |
Last Modified: | 12 Feb 2025 07:17 |
URI: | http://eprints.ummetro.ac.id/id/eprint/3159 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |