UPAYA GURU BIMBINGAN DAN KONSELING MENINGKATKAN KEPATUHAN TATA TERTIB PESERTA DIDIK DI SEKOLAH MELALUI BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK POSITIVE REINFORCEMENT DI SMP NEGERI 7 METRO

WIBOWO, SIGIT PRIYO (2024) UPAYA GURU BIMBINGAN DAN KONSELING MENINGKATKAN KEPATUHAN TATA TERTIB PESERTA DIDIK DI SEKOLAH MELALUI BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK POSITIVE REINFORCEMENT DI SMP NEGERI 7 METRO. Skripsi (S1) thesis, Universitas Muhammadiyah Metro.

[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (263kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (201kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (85kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (8kB) | Preview
[img]
Preview
Text
COVER_compressed (1).pdf

Download (500kB) | Preview

Abstract

Penelitian yang dilakukan bertujuan untuk mengetahui layanan bimbingan kelompok dengan menggunakan Teknik Reinforcement positif untuk meningkatkan kepatuhan terhadap tata tertib sekolah pada aspek kepercayaan, penerimaan, dan pelaksanaan tata tertib. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif yaitu penelitian yang menjelaskan secara rinci suatu kejadian di lapangan. Pengumpulan data menggunakan teknik wawancara yang dilakukan kepada guru bimbingan konseling dan peserta didik sebagai informan. Setelah wawancara dilakukan diperoleh data deskriptif terkait dengan upaya guru BK dalam meningkatkan kepatuhan terhadap tata tertib. Data tersebut kemudian direduksi guna mendapatkan data yang cocok dan sesuai dengan tujuan penelitian. Data yang telah direduksi kemudian disajikan dalam bentuk deskriptif menjadi sebuah laporan penelitian. Data yang diperoleh dicek keabsahannya menggunakan triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Layanan bimbingan kelompok dengan teknik reinforcement positif dapat meningkatkan kepercayaan peserta didik akan pentingnya mematuhi tata tertib sekolah. Mematuhi tata tertib sekolah memiliki tujuan agar peserta didik terbiasa patuh terhadap setiap aturan yang ada di lingkungan sekitarnya baik di rumah, sekolah, maupun masyarakat. Hal ini karena setiap lingkungan memiliki aturan yang harus dipatuhi. Setelah dilaksanakan layanan bimbingan kelompok dengan teknik reinforcement positif peserta didik mampu menerima semua aturan-aturan yang telah disepakati bersama. Hal ini tampak bahwa semua peserta didik berusaha untuk melaksanakan aturan tersebut dengan suka rela dan tidak mengeluh. Setelah dilaksanakan bimbingan kelompok dengan teknik reinforcement positif bahwa peserta didik melaksanakan aturan sekolah dan tidak lagi melanggar tata tertib sekolah.

Item Type: Thesis (Skripsi (S1))
Additional Information: 052/S1 BIMBINGAN DAN KONSELING/2024
Uncontrolled Keywords: Behavior Control, Upaya Guru Bimbingan dan Konseling
Subjects: 300 Ilmu Sosial > Bimbingan dan Konseling
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1 Bimbingan Konseling
Depositing User: intan arum sari
Date Deposited: 07 Feb 2025 01:45
Last Modified: 12 Feb 2025 03:06
URI: http://eprints.ummetro.ac.id/id/eprint/3005

Actions (login required)

View Item View Item