Marfuah, Lutfi (2023) PENGEMBANGAN E-MODUL BERBASIS GAME BASED LEARNING PADA MATERI KEBUTUHAN MANUSIA DAN KELANGKAAN SUMBER DAYA KELAS X SMA NEGERI 1 METRO. Skripsi (S1) thesis, Universitas Muhammadiyah Metro.
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (189kB) | Preview |
|
|
Text
COVER.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (224kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (443kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (191kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR LITERATUR.pdf Download (188kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Marfuah, Lutfi. 2023. Pengembangan E-Modul Berbasis Game Based Learning Pada Materi Kebutuhan Manusia Dan Kelangkaan Sumber Daya Kelas X SMA Negeri 1 Metro. Skripsi. Program Studi Pendidikan Ekonomi, FKIP Universitas Muhammadiyah Metro. Pembimbing (1) Tiara Anggia Dewi, M.Pd. (2) Fajri Arif Wibawa, S.Pd., M.Pd. Kata Kunci : E-Modul, Game Based Learning Media dan strategi pembelajaran memiliki peran yang sangat penting dan tentunya berpengaruh terhadap proses pembelajaran. Keterbatasan media yang ada menyebabkan kurang maksimalnya proses pembelajaran walaupun sudah diiringi dengan metode pembelajaran tertentu. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menghasilkan e-modul berbasis game based learning sebagai media pembelajaran di SMA Negeri 1 Metro yang valid dan praktis. E-modul berbasis game based learning yang dikembangkan sesuai dengan sistematika dan standar kriteria kelayakan media pembelajaran. Jenis penelitian yang dilakukan oleh peneliti adalah jenis research and development atau penelitian dan pengembangan. Penelitian ini menggunakan model penelitian ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, serta Evaluation). Proses untuk menghasilkan e-modul berbasis game based learning diawali dengan tahap validasi oleh ahli media dan ahli materi. E-modul berbasis game based learning juga melalui proses uji coba di sekolah khususnya di kelas X SMA Negeri 1 Metro untuk mengukur respon peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa e-modul berbasis game based learning ini layak digunakan dalam pembelajaran. Hal ini ditunjukkan dari hasil validasi ahli media dan ahli materi dimana hasil dari ahli media termasuk kriteria kuat dengan persentase 75%, hasil dari ahli materi termasuk kriteria sangat kuat dengan persentase 88,33%, sedangkan hasil dari uji coba ke peserta didik dalam kelompok kecil sejumlah 23 orang mendapatkan persentase sebesar 81,6% dengan kriteria sangat kuat. Berdasarkan persentase yang didapat dari rata-rata validasi ahli sebesar 81,66% dengan kriteria sangat kuat dan respon peserta didik sebesar 81,6% dengan kriteria sangat kuat, maka e-modul berbasis game based learning dinyatakan valid dan praktis untuk digunakan sebagai media pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Skripsi (S1)) |
---|---|
Additional Information: | 005/Pendidikan Ekonomi/2023 |
Uncontrolled Keywords: | E-Modul, Game Based Learning |
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > Ilmu Ekonomi 300 Ilmu Sosial > Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1 Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | Feri Apriyanto |
Date Deposited: | 25 Jan 2024 06:52 |
Last Modified: | 25 Jan 2024 06:52 |
URI: | http://eprints.ummetro.ac.id/id/eprint/2608 |
Actions (login required)
View Item |