Winarto, Winarto (2020) STRATEGI PENINGKATAN KOMPETENSI PROFESIONAL GURU DI MADRASAH IBTIDAIYAH MUHAMMADIYAH PEKALONGAN LAMPUNG TIMUR. Tesis (S2) thesis, Universitas Muhammadiyah Metro.
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (160kB) | Preview |
|
|
Text
COVER.pdf Download (597kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (580kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (651kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (0B) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (0B) |
Abstract
Kepala sekolah adalah pemimpin pendidikan yang mempunyai peranan penting dalam mengembangkan lembaga pendidikan, yaitu sebagai pemegang kendali di lembaga pendidikan. Kepala sekolah sebagai top manajer sangat menentukan maju mundurnya suatu sekolah, jalannya proses belajar mengajar, kemudian juga memberikan bimbingan dan arahan serta layanan yang baik kepada seluruh personal sekolah, sehingga dapat menciptakan suasana yang nyaman dan harmonis. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji dan mendiskusikan secara mendalam strategi peningkatan kompetensi profesional guru di MI Muhammadiyah Pekalongan dengan fokus masalah bagaimana strategi peningkatan kompetensi profesional guru di MI Muhammadiyah Pekalongan Lampung Timur?, bagaimana kompetensi profesional guru MI Muhammadiyah Pekalongan Lampung Timur?, Apa saja faktor pendukung dan penghambat strategi peningkatan kompetensi profesional guru di MI Muhammadiyah Pekalongan Lampung Timur?. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data meliputi reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Pemeriksaan kebabsahan data dilakukan dengan cara perpanjangan keikutsertaan peneliti; teknik triangulasi dengan menggunakan berbagai sumber, teori, dan metode; dan ketekunan pengamatan. Informan penelitian yaitu kepala sekolah, waka kurikulum, guru, dan siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa langkah-langkah peningkatan kompetensi profesional guru di MI Muhammadiyah Pekalongan terbagi ke dalam beberapa strategi seperti mengikutkan guru dalam kegiatan pelatihan, Kepala Madrasah melaksanakan supervisi akademik pada guru, dan memberdayaan guru. Faktor pendukung strategi peningkatan kompetensi profeional guru yaitu dukungan dari majelis pendidikan dasar dan menengah pimpinan cabang muhammadiyah pekalongan baik secara moril maupun materil dan semangat para guru, sedangkan faktor yang menjadi penghambat yaitu keterbatasan biaya dan waktu pelaksanaannya bertepatan pada saat proses belajar mengajar berlangsung.
Item Type: | Thesis (Tesis (S2)) |
---|---|
Additional Information: | 084/Pasca Manajemen pendidikan/2020 |
Uncontrolled Keywords: | Strategi Peneningkatan, Kompetensi Profesionalisme Guru |
Subjects: | ?? Mnp ?? |
Divisions: | ?? MMP ?? |
Depositing User: | Users 15 not found. |
Date Deposited: | 10 Nov 2020 04:17 |
Last Modified: | 10 Nov 2020 04:17 |
URI: | http://eprints.ummetro.ac.id/id/eprint/166 |
Actions (login required)
View Item |