Arifin, Yungki Maikel (2022) PENGEMBANGAN MODUL BERBASIS MODEL PENEMUAN TERBIMBING BERBANTU ALAT PERAGA UNTUK PESERTA DIDIK KELAS VIII SMP NEGERI 1 SEPUTIH BANYAK. Skripsi (S1) thesis, Universitas Muhammadiyah Metro.
|
Text
COVER.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (85kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (165kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (230kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (88kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (13kB) | Preview |
Abstract
Pembelajaran dapat menjadi pengalaman menarik dan berkesan pada peserta didik apabila menggunakan alat bantu berupa alat peraga. Modul berbasis inkuiri dengan berbantu alat peraga diharapkan dapat membantu peserta didik dalam belajar. Tujuan dari penelitian ini adalah menghasilkan modul pembelajaran matematika dengan berbasis inkuiri terbimbing berbantu dengan alat peraga. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan, pengembangan yang dimaksud dalam penelitian ini adalah pengembangan modul berbasis inkuiri terbimbing berbantu alat peraga. Media yang dikembangkan berupa modul berbasis inkuiri pada mata pelajaran matematika dengan materi relasi dan fungsi. Pengembangan media pembelajaran modul ini mengadopsi pada metode 3D (Define, Design, Develop). Dalam penelitian ini, dilakukan pengembangan media mengikuti langkah-langkah atau prosedur pengembangan 3D. Instrumen validasi dalam penelitian ini menggunakan angket dengan pedoman skor menggunakan skala likert 1-5. Berdasarkan hasil pengembangan yang dilakukan maka dalam penelitian ini menghasilkan produk berupa modul berbasis inkuiri terbimbing dengan disertai alat peraga pada materi relasi dan fungsi. Modul ini telah tervalidasi dan teruji. Hasil validasi produk pada aspek desain yakni 80% dengan kategori layak, dan pada aspek materi sebesar 73% pada kategori layak. Hasil uji coba produk kepada peserta didik menunjukkan bahwa modul berbasis inkuiri pada materi relasi dan fungsi dapat membantu peserta didik memahami materi dengan persentase kemudahan sebesar 87%. Hasil penilaian guru terhadap modul berbasis inkuiri ini layak digunakan dengan persentase sebesar 85%.
Item Type: | Thesis (Skripsi (S1)) |
---|---|
Additional Information: | 010/Pend. Matematika/2022 |
Uncontrolled Keywords: | modul, inkuiri terbimbing, alat peraga |
Subjects: | 500 Ilmu Murni > Matematika |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1 Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Khusnul Nisa A |
Date Deposited: | 14 Nov 2022 04:14 |
Last Modified: | 14 Nov 2022 04:14 |
URI: | http://eprints.ummetro.ac.id/id/eprint/1566 |
Actions (login required)
View Item |