WULANDARI, RATIH AYU (2022) PELAKSANAAN LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK MENGGUNAKAN TEKNIKMIND MAPPING UNTUKMENINGKATKAN SELF REGULATED LEARNING DI SMA NEGERI 1 WAY BUNGUR TAHUN PELAJARAN 2021/2022. Skripsi (S1) thesis, Universitas Muhammadiyah Metro.
|
Text
abstrak.pdf Download (86kB) | Preview |
|
|
Text
COVER.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (327kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (344kB) | Preview |
|
|
Text
BAB VI.pdf Download (86kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR LITERATUR.pdf Download (71kB) | Preview |
Abstract
Rumusan masalah penelitian ini untuk mengetahui pelaksanaan layanan bimbingan kelompok dengan mind mapping untuk mengatasi self regulated learning. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hasil dari pelaksanaan layanan bimbingan kelompok terhadap masalah self regulated learning (SRL) dengan menggunakan teknik mind mapping. Self Regulated Learning (SRL) yaitu regulasi diri dalam belajar yang merupakan suatu usaha atau kemampuan yang menuntut peserta didik untuk belajar aktif dalam memonitoring atau mengatur dan mengarahkan pemahaman, motivasi dan perilaku minat dalam kegiatan belajar. Teknik mind mapping atau peta pikiran ini merupakan sebuah metode untuk mendorong peserta didik mengaktifkan sistem otak dengan menuangkan ide, teknik mind mapping akan mempermudahkan untuk meringkas dan menyimpulkan suatu materi dalam menelaah suatu materi pembelajaraan secara singkat dan jelas. Layanan bimbingan kelompok merupakan program guru bimbingan dan konseling untuk membantu peserta didik mengentaskan masalah dalam mengembangkan pemahaman. Teknik pada pengumpulan data dari penelitian ini yaitu teknik kualitatif deskriprif dengan melaksanakan wawancara dan observasi. Hasil dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa: (1) Kemampuan self regulated learning termasuk dalam kategori rendah seperti: minat belajar yang kurang, kesulitan dalam mendiagnosa kebutuhan untuk belajar, kurangnya manajemen waktu belajar yang baik (2) Tahap pelaksanaan layanan bimbingan kelompok menggunakan empat tahapan yaitu: tahap pembukaan, tahap peralihan, tahap kegiatan, dan tahap pengakhiran (3) Hasil dari pelaksanaan layanan bimbingan kelompok peserta didik mampu menciptakan lingkungan belajar yang baik dengan teman sejawat kemudian mampu mempersiapkan lingkungan yang siap belajar dengan baik dengan melaksanakan belajar kelompok.
Item Type: | Thesis (Skripsi (S1)) |
---|---|
Additional Information: | 021/Bimbingan dan Konseling/2022 |
Uncontrolled Keywords: | Bimbingan Kelompok, Mind Mapping, Self Regulated Learning |
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > Bimbingan dan Konseling |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1 Bimbingan Konseling |
Depositing User: | Tri Kris Krisniati |
Date Deposited: | 10 Nov 2022 03:14 |
Last Modified: | 10 Nov 2022 03:14 |
URI: | http://eprints.ummetro.ac.id/id/eprint/1496 |
Actions (login required)
View Item |