arisanti, fika (2020) PENGEMBANGAN MODUL BERBASIS CTL (CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING) PADA MATERI EKOSISTEM SMA NEGERI 1 PUNGGUR. Skripsi (S1) thesis, Universitas Muhammadiyah Metro.
|
Text
COVER.pdf Download (11MB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (11MB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (76kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (2MB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (85kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (71kB) | Preview |
Abstract
Pendidikan merupakan aspek utama dalam pengembangan diri manusia dan sebagai jembatan untuk meningkatkan pengetahuan pada diri peserta didik. Modul merupakan bahan ajar yang berkenaan dengan suatu unit materi pembelajaran yang dapat membantu dan memudahkan peserta didik ketika proses pembelajaran. Metode pembelajaran berbasis CTL (Contextual Learning and Teaching) dapat dikatakan sebagai sebuah pendekatan pembelajaran yang mengakui dan menunjukkan kondisi alamiah pengetahuan. Melalui hubungan di dalam dan di luar ruang kelas, suatu pendekatan pembelajaran berbasis CTL (Contextual Learning and Teaching) menjadikan pengalaman lebih relevan dan berarti bagi peserta didik dalam membangun pengetahuan yang akan mereka terapkan dalam pembelajaran kehidupan sehari-hari. Tujuan penelitian pengembangan yaitu menghasilkan modul berbasis CTL (Contextual Learning and Teaching) sebagai salah satu media pembelajaran yang lebih efisien dan praktis. Buku saku digital biologi berbasis teknik mind mapping memudahkan peserta didik untuk belajar secara mandiri, kapan dan dimana saja, serta memudahkan guru dalam pembuatan bahan ajar yang lebih efisien dan praktis. Model pengembangan yang digunakan yaitu model 4D yang terdiri dari empat tahapan pengembangan, yaitu define, design, develop, dan disseminate atau diadaptasi akan menjadi model 4-P yaitu pendefinisian, perancangan, pengembangan, dan penyebaran. Penelitian ini untuk mengetahui kelayakan produk yang dikembangkan, dengan cara validasi kepada beberapa ahli untuk mengukur tingkat kelayakan produk yang dikembangkan. Data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu data kualitatif yang diperoleh berdasarkan komentar validasi ahli. Data kuantitatif diperoleh berdasarkan skor angket yang diberikan validasi ahli. Data rekapitulasi validasi ahli materi yaitu 81,6% dalam kriteria “Sangat Layak”. Validasi ahli desain yaitu 82% dalam kriteria “Sangat Layak”. Uji kelompok kecil yaitu 87% dalam kriteria “Sangat Layak”. Berdasarkan hasil pengembangan modul berbasis berbasis CTL (Contextual Learning and Teaching) pada materi ekosistem SMA Negeri 1 Punggur dapat disimpulkan bahwa modul berbasis berbasis CTL (Contextual Learning and Teaching) yang dikembangkan dikategorikan dalam tingkat “Layak” untuk digunakan dalam proses pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Skripsi (S1)) |
---|---|
Additional Information: | 062/Pend. Biologi/2020 |
Uncontrolled Keywords: | Pengembangan, Modul, CTL (Contextual Teaching and Learning) |
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > Pendidikan 500 Ilmu Murni > Biologi, Ilmu Hayati |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1 Pendidikan Biologi |
Depositing User: | M Derie Santana |
Date Deposited: | 23 Mar 2022 07:40 |
Last Modified: | 23 Mar 2022 07:55 |
URI: | http://eprints.ummetro.ac.id/id/eprint/1284 |
Actions (login required)
View Item |