PENGEMBANGAN MODUL BERBASIS MODEL PEMBELAJARAN POGIL (PROCESS ORIENTED GUIDED INQUIRY LEARNING) PADA MATERI JAMUR DI SMA KELAS X

Malinda, Anis Sekar (2021) PENGEMBANGAN MODUL BERBASIS MODEL PEMBELAJARAN POGIL (PROCESS ORIENTED GUIDED INQUIRY LEARNING) PADA MATERI JAMUR DI SMA KELAS X. Skripsi (S1) thesis, Universitas Muhammadiyah Metro.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (290kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (200kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (285kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (383kB) | Preview
Official URL: https://eprints.ummetro.ac.id/

Abstract

Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan suatu produk bahan ajar berupa modul biologi yang berbasis model pembelajaran POGIL (Process Orientation Guided Inquiry Learning) pada materi jamur yang dirancang untuk digunakan pada kelas X IPA SMA. Metode pengembangan modul ini adalah model Thiagarajan (4-D) yang mempunyai tahapan define, design, development dan disseminate, tetapi pada pengembangan modul ini hanya sampai tahap development. Hasil dari pengembangan modul biologi berbasis model pembelajaran POGIL dari validasi ahli desain diperoleh persentase 87%. Hasil validasi ahli materi diperoleh 94% dan hasil uji coba peserta didik diperoleh 90%. Berdasarkan hasil uji tersebut dapat disimpulkan bahwa ketiga uji mendapatkan kategori “Sangat Baik” sehingga modul ini layak digunakan sebagai salah satu bahan ajar tambahan pada pembelajaran materi jamur di sekolah.

Item Type: Thesis (Skripsi (S1))
Additional Information: 030/Pend.Biologi/2021
Uncontrolled Keywords: modul; model pembelajaran POGIL; pengembangan
Subjects: 300 Ilmu Sosial > Pendidikan
500 Ilmu Murni > Biologi, Ilmu Hayati
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: Dharma Prasetyawan
Date Deposited: 02 Feb 2022 02:40
Last Modified: 02 Feb 2022 02:40
URI: http://eprints.ummetro.ac.id/id/eprint/1045

Actions (login required)

View Item View Item