PENGEMBANGAN LEMBAR KEGIATAN PESERTA DIDIK (LKPD) BERBASIS COLLABORATIVE LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA SMA KELAS X

Pratiwi, Merisha (2021) PENGEMBANGAN LEMBAR KEGIATAN PESERTA DIDIK (LKPD) BERBASIS COLLABORATIVE LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA SMA KELAS X. Skripsi (S1) thesis, Universitas Muhammadiyah Metro.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (72kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (181kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (477kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (22kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR LITERATUR.pdf

Download (14kB) | Preview
Official URL: http://eprints.ummetro.ac.id/

Abstract

Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk menghasilkan LKPD berbasis collaborative learning, untuk memenuhi kebutuhan peserta didik dengan mengembangkan kurikulum saat ini dengan menekankan aspek mulai dari kognitif, afektif dan psikomotorik, serta untuk mengetahui seberapa besar keterampilan proses sains yang di capai oleh peserta didik melalui LKPD berbasis collaborative learning. Penelitian ini adalah penelitian pengembangan. Desain pengembagan menggunakan R&D. uji coba dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas X. hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Penilaian yang telah dilakukan pada lembar kegiatan peserta didik (LKPD) berbasis Collaborative Learning (CL) untuk meningkatkan keterampilan proses sainspada pokok bahasan materi Fungi/Jamur yang dikembangkan mendapatkan kriteria “sangat layak” untuk digunakan sebagai bahan ajar dan diterapkan dalam pembelajaran, dibuktikan dengan nilai persentase total 85% (sangat layak) oleh ahli materi dan nilai persentase total 84,3% (sangat layak) oleh ahli desain. Berdasarkan nilai-nilai persentase total yang telah diberikan oleh ahli validator disimpulkan bahwa bahan ajar yang dikembangkan yaitu berbasis Collaborative Learning (CL) untuk meningkatkan keterampilan proses sains sangat layak digunakan.

Item Type: Thesis (Skripsi (S1))
Additional Information: 031/Pend.Biologi/2021
Uncontrolled Keywords: LKPD, colaborative learning, keterampilan proses sains
Subjects: 300 Ilmu Sosial > Pendidikan
500 Ilmu Murni > Biologi, Ilmu Hayati
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: Librarian
Date Deposited: 28 Jan 2022 03:18
Last Modified: 28 Jan 2022 03:18
URI: http://eprints.ummetro.ac.id/id/eprint/1025

Actions (login required)

View Item View Item