PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN AUDIO VISUAL BERBASIS MACROMEDIA FLASH PADA MATERI KETENAGAKERJAAN KELAS XI SMA NEGERI 1 TRIMURJO

KURNIAWAN, HANIF (2021) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN AUDIO VISUAL BERBASIS MACROMEDIA FLASH PADA MATERI KETENAGAKERJAAN KELAS XI SMA NEGERI 1 TRIMURJO. Skripsi (S1) thesis, Universitas Muhammadiyah Metro.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (685kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (203kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (378kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (424kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (187kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (189kB) | Preview
Official URL: http://eprints.ummetro.ac.id/

Abstract

Media pembelajaran merupakan alat bantu guru dalam proses kegiatan pembelajaran dengan tujuan untuk mempermudah guru dalam menyampaikan materi kepada peserta didik. Hasil prasurvei pada guru dan peserta didik SMA Negeri 1 Trimurjo diketahui bahwa penggunaan media pembelajaran yang kurang menarik sehingga mengurangi minat belajar peserta didik. Dari masalah tersebut peneliti mengembangkan media pembelajaran berupa pengembangan audio visual berbasis macromedia flash. Media pembelajaran audio visual berbasis macromedia flash ini bersifat mandiri, karena dalam produk terdapat materi, contoh video,dan soal evaluasi. Tujuan dari pengembangan ini adalah untuk menghasilkan media pembelajaran audio visual berbasis macromedia flash pada materi ketenagakerjaan kelas XI SMA Negeri 1 Trimurjo yang valid dan praktis. Model pengembangan yang digunakan adalah menggunakan 7 langkah yang sederhana dengan mengacu pada langkah – langkah yang dikembangkan Sugiyono (2017 : 409), yang meliputi: potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi, revisi desain, uji coba produk, dan revisi produk. Hasil validasi ahli media dengan rata-rata persentase 88% kriteria sangat layak, ahli desain dengan rata – rata persentase 89% kriteria sangat layak, ahli materi dengan rata-rata presentase 90% dengan kriteria sangat layak. Hasil uji coba produk kepada peserta didik dengan rata-rata presentase 93% kriteria sangat baik. Berdasarkan rekapitulasi tersebut dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran audio visual berbasis macromedia flash pada materi ketenagakerjaan kelas XI SMA Negeri 1 Trimurjo sangat layak dan praktis dalam proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Skripsi (S1))
Additional Information: 022/Pend. Ekonomi/2021
Uncontrolled Keywords: Media pembelajaran merupakan alat bantu guru dalam proses kegiatan pembelajaran dengan tujuan untuk mempermudah guru dalam menyampaikan materi kepada peserta didik. Hasil prasurvei pada guru dan peserta didik SMA Negeri 1 Trimurjo diketahui bahwa penggunaan media pembelajaran yang kurang menarik sehingga mengurangi minat belajar peserta didik. Dari masalah tersebut peneliti mengembangkan media pembelajaran berupa pengembangan audio visual berbasis macromedia flash. Media pembelajaran audio visual berbasis macromedia flash ini bersifat mandiri, karena dalam produk terdapat materi, contoh video,dan soal evaluasi. Tujuan dari pengembangan ini adalah untuk menghasilkan media pembelajaran audio visual berbasis macromedia flash pada materi ketenagakerjaan kelas XI SMA Negeri 1 Trimurjo yang valid dan praktis. Model pengembangan yang digunakan adalah menggunakan 7 langkah yang sederhana dengan mengacu pada langkah – langkah yang dikembangkan Sugiyono (2017 : 409), yang meliputi: potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi, revisi desain, uji coba produk, dan revisi produk. Hasil validasi ahli media dengan rata-rata persentase 88% kriteria sangat layak, ahli desain dengan rata – rata persentase 89% kriteria sangat layak, ahli materi dengan rata-rata presentase 90% dengan kriteria sangat layak. Hasil uji coba produk kepada peserta didik dengan rata-rata presentase 93% kriteria sangat baik. Berdasarkan rekapitulasi tersebut dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran audio visual berbasis macromedia flash pada materi ketenagakerjaan kelas XI SMA Negeri 1 Trimurjo sangat layak dan praktis dalam proses pembelajaran.
Subjects: 300 Ilmu Sosial > Ilmu Ekonomi
300 Ilmu Sosial > Pendidikan
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: M Derie Santana
Date Deposited: 26 Jan 2022 08:00
Last Modified: 26 Jan 2022 08:00
URI: http://eprints.ummetro.ac.id/id/eprint/986

Actions (login required)

View Item View Item