PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN SPARKOL VIDEOSCRIBE BERBASIS SCIENTIFIC LEARNING PADA MATERI PERMINTAAN KELAS VII SMP NEGERI 01 PENAWAR AJI

AGUSTINA, NINA (2021) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN SPARKOL VIDEOSCRIBE BERBASIS SCIENTIFIC LEARNING PADA MATERI PERMINTAAN KELAS VII SMP NEGERI 01 PENAWAR AJI. Skripsi (S1) thesis, Universitas Muhammadiyah Metro.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (146kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (176kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (315kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (156kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (149kB) | Preview
Official URL: http://eprints.ummetro.ac.id/

Abstract

Perkembangan teknologi saat ini melahirkan berbagai macam media pembelajaran. Media pembelajaran berbasis teknologi pada umumnya lebih menarik karena memiliki fitur animasi yang disenangi oleh peserta didik. Selain itu dapat disimpan pada perangkat lunak seperti smartphone. Tujuan dari pengembangan produk ini adalah untuk menghasilkan media pembelajaran sparkol videoscribe berbasis scientific learning sebagai media pembelajaran pada materi permintaan kelas VII yang valid dan praktis. Penelitian ini menggunakan model penelitian pengembangan 4-D model ini terdiri dari pendefinisian (define), tahap perancangan (design), tahap pengembangan (develop), dan tahap penyebaran (disseminate) namun peneliti tidak melakukan penelitian sampai pada tahap penyebaran dikarenakan keterbatasan waktu penelitian. Hasil Penelitian menggunakan uji validasi produk dengan kreteria valid dan praktis.Validator 1 ahli media dengan presentase sebesar 78% dengan kriteria “layak”. Validator 2 ahli media dengan persentase 92% dengan kriteria “sangat layak”. Dari kedua validator ahli media tersebut didapat rata-rata persentase 87,5% dengan kriteria “sangat layak”. Hasil validasi ahli materi dengan presentase sebesar 96% dengan kriteria “sangat layak”. Produk praktis diperoleh dari hasil angket peserta didik dengan hasil akhir presentase sebesar 92,4% dengan kriteria “sangat layak” Hasil analisis pengujian ahli media, ahli materi dan hasil rekapitulasi respon peserta didik dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran sparcol videoscribe berbasis scientific learning yang dikembangkan oleh peneliti layak digunakan.

Item Type: Thesis (Skripsi (S1))
Creators:
CreatorsNIM/NPMEmail
AGUSTINA, NINANIM17210015UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIPEmail
Thesis advisorPritandhari, Meytanidn0225059001UNSPECIFIED
Thesis advisorNingrum, Ningrumnidn0025035801UNSPECIFIED
Thesis advisorRatnawuri, Trianinidn0210078601UNSPECIFIED
Additional Information: 015/Pend. Ekonomi/2021
Uncontrolled Keywords: Sparkol Vidioscribe, Scirntific Learning, Media Pembelajaran, Pendidikan Ekonomi, Permintaan
Subjects: 300 Ilmu Sosial > Ilmu Ekonomi
300 Ilmu Sosial > Pendidikan
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: M Derie Santana
Date Deposited: 26 Jan 2022 03:04
Last Modified: 26 Jan 2022 03:04
URI: http://eprints.ummetro.ac.id/id/eprint/972

Actions (login required)

View Item View Item