PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN VIDEO SPARKOL VIDEOSCRIBE BERBASIS PROBLEM BASED INSTRUCTION MATERI INTERAKSI SOSIAL KELAS VII SMP NEGERI 2 METRO

RAMA DANY, RHIKI (2021) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN VIDEO SPARKOL VIDEOSCRIBE BERBASIS PROBLEM BASED INSTRUCTION MATERI INTERAKSI SOSIAL KELAS VII SMP NEGERI 2 METRO. Skripsi (S1) thesis, Universitas Muhammadiyah Metro.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (7kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (163kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (228kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (155kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (90kB) | Preview
Official URL: http://eprints.ummetro.ac.id/

Abstract

Media mempunyai peran yang penting dalam proses pembelajaran. Namun masih terdapat media pembelajaran yang masih belum mampu memenuhi kebutuhan peserta didik. Media yang dipakai SMP Negeri 2 Metro yaitu Lembar Kerja Siswa (LKS) dan sedikitnya penggunaan media dalam pembelajaran terlebih dalam penggunaan video pembelajaran animasi. Sehingga peserta didik sering mengalami kebosanan dalam belajar. Peserta didik membutuhkan media pembelajaran yang mampu menarik minat belajar peserta didik dan menyenangkan.Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menghasilkan media pembelajaran sparkol videoscribe berbasis problem based instruction pada materi interaksi sosial kelas VII yang valid dan praktis. Media yang dikembangkan sesuai dengan sistematika dan standar kriteria kelayakan media pembelajaran. Penelitian yang dilakukan adalah jenis penelitian pengembangan dengan model pengembangan 4D (Define, Design, Development, Disseminate). Proses untuk menghasilkan media pembelajaran diawali dengan tahap validasi oleh ahli media dan ahli materi. Media pembelajaran juga di uji coba kelompok kecil ke sekolah untuk mengukur respon peserta didik kelas VII SMP Negeri 2 Metro. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran ini layak untuk digunakan dalam pembelajaran. Hal ini ditunjukkan oleh hasil validasi dari ahli media dengan persentase sebesar 81,4% dengan kriteria sangat kuat, hasil penilaian oleh ahli materi dengan persentase 89,2% dengan kriteria sangat kuat dan hasil pengujian dengan kelompok kecil yaitu kepada 10 orang peserta didik dengan persentase 96,6% dengan kriteria sangat kuat. Maka media pembelajaran sparkol videoscribe berbasis problem based instruction dinyatakan valid dan praktis untuk digunakan sebagai media dalam proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Skripsi (S1))
Creators:
CreatorsNIM/NPMEmail
RAMA DANY, RHIKINIM16210063UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIPEmail
Thesis advisorAnggia Dewi, Tiaranidn0219019102UNSPECIFIED
Thesis advisorRatnawuri, Trianinidn0210078601UNSPECIFIED
Thesis advisorPriandhari, Meytanidn0225059001UNSPECIFIED
Additional Information: 018/Pend. Ekonomi/2021
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran, Problem Based Instruction, Sparkol Videoscribe
Subjects: 300 Ilmu Sosial > Ilmu Ekonomi
300 Ilmu Sosial > Pendidikan
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: M Derie Santana
Date Deposited: 26 Jan 2022 02:12
Last Modified: 26 Jan 2022 02:12
URI: http://eprints.ummetro.ac.id/id/eprint/968

Actions (login required)

View Item View Item