SUSANAWATI, VERONIKA (2021) PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN BERBASIS PQ4R (PREVIEW, QUESTION, READ, REFLECT, RECITE, DAN REVIEW) PADA MATERI PERJUANGAN KERAJAAN BANTEN MELAWAN PENJAJAHAN BELANDA KELAS XI IPS SEMESTER GANJIL SMA NEGERI 1 SEKAMPUNG TAHUN PELAJARAN 2020/2021. Skripsi (S1) thesis, Universitas Muhammadiyah Metro.
|
Text
COVER.pdf Download (2MB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (2MB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (94kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (147kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (64kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (65kB) | Preview |
Abstract
Modul pembelajaran adalah salah satu media yang dapat dimanfaatkan untuk belajar peserta didik. Modul perlu dan penting untuk dibuat dan dikembangkan agar peserta didik lebih mudah untuk memahami materi pelajaran. Tujuan dari pengembangan modul berbasis PQ4R ini adalah untuk menghasilkan modul atau produk yang teruji oleh ahli atau pakar baik secara isi materi maupun desain modul. Metode penelitian ini adalah penelitian pengembangan. Penelitian pengembangan yang dilakukan mengacu pada penelitian 4D dengan mengunakan model pengembangan sampai ke produk teruji. Pengembangan produk meliputi: identifikasi potensi dan masalah, kajian literatur dan penelitian relevan, desain produk, validasi produk, dan desain teruji. Hasil penelitian ini bahwa validasi produk yakni modul berbasis PQ4R dilakukan sebanyak dua kali. Pada tahap pertama dilakukan validasi pada aspek desain dan aspek materi modul. Pada aspek desain diperoleh tingkat kelayakan modul sebesar 62,5% dengan kategori layak. Kemudian pada aspek materi diperoleh persentase kelayakan sebesar 69,2%. Setelah produk direvisi sesuai saran, maka dilakukan validasi kembali. Pada validasi kedua diperoleh persentase kelayakan pada aspek desain sebesar 87% dan pada aspek materi 84% dengan kriteria kelayakan sangat layak. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa produk atau modul yang dikembangkan telah teruji oleh para pakar dengan kriteria sangat layak digunakan dalam pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Skripsi (S1)) |
---|---|
Additional Information: | 019/Pend. Sejarah/2021 |
Uncontrolled Keywords: | modul, pembelajaran, PQ4R |
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > Pendidikan 900 Sejarah dan Geografi > Ilmu Sejarah |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1 Pendidikan Sejarah |
Depositing User: | M Derie Santana |
Date Deposited: | 25 Jan 2022 07:13 |
Last Modified: | 25 Jan 2022 07:13 |
URI: | http://eprints.ummetro.ac.id/id/eprint/955 |
Actions (login required)
View Item |