PENGEMBANGAN APLIKASI KAHOOT BERBASIS KONTEKSTUAL SEBAGAI GAME EDUKASI PADA MATERI PERTUMBUHAN DAN PEMBANGUNAN EKONOMI KELAS XI SMA NEGERI 6 METRO

KIRANA, KHANSA (2020) PENGEMBANGAN APLIKASI KAHOOT BERBASIS KONTEKSTUAL SEBAGAI GAME EDUKASI PADA MATERI PERTUMBUHAN DAN PEMBANGUNAN EKONOMI KELAS XI SMA NEGERI 6 METRO. UNSPECIFIED thesis, https://ummetro.ac.id/.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (43MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (41MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (41MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (41MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (41MB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (42MB) | Preview
Official URL: https://lib.ummetro.ac.id/

Abstract

Salah satu upaya untuk mewujudkan peran guru yaitu dengan melakukan interaksi yang baik dan efektif antara guru dengan peserta didik, dengan cara menciptakan pembelajaran yang aktif, inovatif, dan menyenangkan. Untuk meningkatkan motivasi dan minat belajar peserta didik, maka diperlukan kreativitas seorang guru dalam membuat pembelajaran menjadi lebih menarik. Salah satunya dalam pemberian soal evaluasi yang diberikan dalam bentuk game. Hasil Pra Survei terhadap aplikasi pembelajaran yang digunakan di SMA Negeri 6 Metro, peneliti menemukan masalah bahwa pemahaman dan minat belajar peserta didik masih rendah, maka diperlukan banyaknya latihan soal bukan hanya di sekolah saja, tetapi dapat diakses dirumah ataupun dimana saja ketika ingin belajar. Aplikasi Kahoot merupakan suatu jenis aplikasi pembelajaran online yang berisikan kuis dan game. Aplikasi ini dapat digunakan dalam proses pembelajaran seperti pengadaan pre-test, post-test, dan latihan soal melalui pembelajaran kontekstual. Pembelajaran kontekstual merupakan pembelajaran yang mengaitkan antara materi pembelajaran dengan konteks nyata dalam kehidupan sehari-hari. Pembelajaran kontekstual memerlukan adanya game edukasi yang digunakan di dalam proses pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan atau mengembangkan suatu produk. Produk yang dikembangkan adalah aplikasi berjenis Kahoot berbasis kontekstual sebagai game edukasi. Model penelitian pengembangan ini bertujuan untuk melatih keaktifan, pemahaman, dan keterampilan kepada peserta didik secara individu. Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan model ADDIE yang merupakan salah satu model pengembangan dari metode Research and Development (R&D). Tahapan ADDIE merupakan istilah dari (Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation). Uji coba dalam penelitian ini dilakukan melalui uji ahli dan uji coba kelompok kecil. Uji ahli terdiri dari uji ahli media dan uji ahli materi. Uji coba kelompok kecil dilakukan oleh peserta didik yang diambil secara acak. Hasil penelitian pengembangan aplikasi Kahoot pada tahap validasi ahli media sebesar 90%, tahap validasi ahli materi sebesar 92%, dan tahap uji coba peserta didik memperoleh presentase sebesar 88,07%. Disimpulkan bahwa dari presentase tersebut dikategorikan “sangat layak”. Berdasarkan hasil penelitian mengenai Pengembangan Aplikasi Kahoot Berbasis Kontekstual sebagai Game Edukasi pada Materi Pertumbuhan dan Pembangunan Ekonomi Kelas XI SMA Negeri 6 Metro dapat disimpulkan bahwa aplikasi Kahoot yang dikembangkan layak untuk digunakan sebagai salah satu referensi bahan ajar pada pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial pada materi pertumbuhan dan pembangunan ekonomi di sekolah.

Item Type: Thesis (UNSPECIFIED)
Creators:
CreatorsNIM/NPMEmail
KIRANA, KHANSANIM15210080UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIPEmail
Thesis advisorAgustono, RagilNIDN0024086401UNSPECIFIED
Thesis advisorAnggia Dewi, TiaraNIDN0219019102UNSPECIFIED
Thesis advisorPartono, PartonoNIDN0013046603UNSPECIFIED
Additional Information: 003/Pend.Ekonomi/2020
Uncontrolled Keywords: Aplikasi Kahoot, Berbasis Kontekstual, dan Game Edukasi
Subjects: 300 Ilmu Sosial > Ilmu Ekonomi
300 Ilmu Sosial > Pendidikan
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: M Derie Santana
Date Deposited: 09 Sep 2021 07:41
Last Modified: 09 Sep 2021 07:42
URI: http://eprints.ummetro.ac.id/id/eprint/719

Actions (login required)

View Item View Item