PENGARUH KUALITAS SUMBER DAYA MANUSIA (SDM), UKURAN USAHA, DAN LAMA USAHA TERHADAP PEMAHAMAN PENYUSUNAN LAPORAN KEUANGAN BERDASARKAN STANDAR AKUNTANSI KEUANGAN ENTITAS MIKRO KECIL MENENGAH (SAK EMKM) (STUDI KASUS PADA UMKM DI KOTA METRO)

Andayani, Meilinda (2021) PENGARUH KUALITAS SUMBER DAYA MANUSIA (SDM), UKURAN USAHA, DAN LAMA USAHA TERHADAP PEMAHAMAN PENYUSUNAN LAPORAN KEUANGAN BERDASARKAN STANDAR AKUNTANSI KEUANGAN ENTITAS MIKRO KECIL MENENGAH (SAK EMKM) (STUDI KASUS PADA UMKM DI KOTA METRO). Skripsi (S1) thesis, Universitas Muhammadiyah Metro.

[img]
Preview
Text
cover .pdf

Download (991kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (89kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (209kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (400kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (91kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR LITERATUR.pdf

Download (102kB) | Preview
Official URL: https://eprints.ummetro.ac.id/

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas sumber daya manusia, ukuran usaha, dan lama usaha terhadap pemahaman penyusunan laporan keuangan berdasarkan SAK EMKM pada UMKM di Kota Metro. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Penelitian ini dilakukan pada UMKM di Kota metro yang memilih bidang Industri kerajinan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh UMKM yang terdata sebagai binaan Dinas koperasi, UMKM dan Perindustrian pada tahun 2019 yang berjumlah 101 bidang usaha. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling, sehingga diperoleh sampel sejumlah 70 responden. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji analisis regresi linear berganda diolah dengan bantuan SPSS versi 25 for windows. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa (1) kualitas sumber daya manusia tidak berpengaruh signifikan terhadap pemahaman penyusunan laporan keuangan berdasarkan SAK EMKM. (2) ukuran usaha berpengaruh signifikan terhadap pemahaman penyusunan laporan keuangan berdasarkan SAK EMKM. (3) lama usaha berpengaruh signifikan terhadap pemahaman penyusunan laporan keuangan berdasarkan SAK EMKM pada UMKM di Kota Metro.

Item Type: Thesis (Skripsi (S1))
Creators:
CreatorsNIM/NPMEmail
Andayani, Meilindanim17630022UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIPEmail
Thesis advisorZanaria, Yulitanidn0213076802UNSPECIFIED
Thesis advisorHendri, Nedinidn0020048101UNSPECIFIED
Thesis advisorSuyanto, Suyantonidn0213076802UNSPECIFIED
Additional Information: 037/Akuntansi/2021
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : kualitas sumber daya manusia, ukuran usaha, lama usaha, pemahaman penyusunan laporan keuangan berdasarkan SAK EMKM.
Subjects: 600 Ilmu Terapan > Akuntansi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > S1 Akuntansi
Depositing User: Dharma Eko Prasetyawan
Date Deposited: 06 Sep 2021 07:08
Last Modified: 06 Sep 2021 07:08
URI: http://eprints.ummetro.ac.id/id/eprint/708

Actions (login required)

View Item View Item