PENGEMBANGAN BAHAN AJAR REALISTIC MATHEMATIC EDUCATION (RME) BERMUATAN HIGHER ORDER THINGKING SKILL (HOTS) PADA MATERI PERSAMAAN GARIS LURUS KELAS VIII SMP NEGERI 1 KOTAGAJAH

Qoiriah, Miftahul (2020) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR REALISTIC MATHEMATIC EDUCATION (RME) BERMUATAN HIGHER ORDER THINGKING SKILL (HOTS) PADA MATERI PERSAMAAN GARIS LURUS KELAS VIII SMP NEGERI 1 KOTAGAJAH. Skripsi (S1) thesis, Universitas Muhammadiyah Metro.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (32kB) | Preview
[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (356kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (146kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (176kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (45kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (68kB) | Preview
Official URL: http://eprints.ummetro.ac.id

Abstract

ABSTRAK Bahan ajar Realistic Mathematics Education (RME) bermuatan Higher Order Thingking Skill (HOTS) pada materi persamaan garis lurus kelas VIII SMP Negeri 1 Kotagajah adalah sulitnya peserta didik dalam memehami buku yang disediakan sekolah, peserta didik lebih mudah mengingat materi jika dikaitkan dengan kehidupan sehari-hari dan peserta didik belum terbiasa dalam mengerjakan soalsoal yang bermuatan Higher Order Thingking Skill (HOTS). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kevalidan dan kepraktisan bahan ajar Realistic Mathematics Education (RME) bermuatan Higher Order Thingking Skill (HOTS) pada materi persamaan garis lurus kelas VIII SMP Negeri 1 Kotagajah. Jenis penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang menggunakan Model pengembangan 4D, adapun tahapannya adalah Define (Pendefinisian), Design (Perencanaan), Develop (Pengembangan), dan Disseminate (Penyebaran) tetapi tahap ini tidak digunakan. Instrument pengumpulan data yang digunakan adalah angket. Pada uji kepraktisan dilakukan secara daring. Validasi ahli materi dilakukan oleh dua validator, dan hasil yang didapat adalah 81,31% dengan kriteria sangat valid. validasi ahli desain dilakukan oleh dua validator, dan hasil yang didapat adalah 76,02% atau berada pada kriteria valid. uji coba kelompok kecil dilakukan oleh 7 peserta didik, dan hasil dari uji coba kelompok kecil adalah 79,3% atau berada pada kriteria praktis. Berdasarkan proses validasi dan proses uji coba kelompok kecil maka bahan ajar Realistic Mathematics Education (RME) bermuatan Higher Order Thingking Skill (HOTS) pada materi persamaan garis lurus kelas VIII SMP Negeri 1 Kotagajah dinyatakan valid dan praktis. Kata Kunci: bahan ajar, HOTS, RME.

Item Type: Thesis (Skripsi (S1))
Creators:
CreatorsNIM/NPMEmail
Qoiriah, Miftahulnim16310044UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIPEmail
Thesis advisorVahlia, Iranidn0206128901UNSPECIFIED
Thesis advisorAgustina, Rinanidn0212088701UNSPECIFIED
Thesis advisorAnwar, Rahmad Bustanulnidn0203098601UNSPECIFIED
Additional Information: 035/Pend. Matematika/2020
Uncontrolled Keywords: Bahan Ajar, HOTS, RME
Subjects: 300 Ilmu Sosial > Pendidikan
500 Ilmu Murni > Matematika
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Feri Apriyanto
Date Deposited: 12 Aug 2021 01:46
Last Modified: 12 Aug 2021 01:46
URI: http://eprints.ummetro.ac.id/id/eprint/634

Actions (login required)

View Item View Item