PENGEMBANGAN MODUL BERBASIS KONTEKSTUAL YANG DISERTAI KOMIK PADA MATERI ARITMETIKA SOSIAL KELAS VII SMP PGRI 1 BATANGHARI TA/2020

Yosri, Mei Luwane (2020) PENGEMBANGAN MODUL BERBASIS KONTEKSTUAL YANG DISERTAI KOMIK PADA MATERI ARITMETIKA SOSIAL KELAS VII SMP PGRI 1 BATANGHARI TA/2020. Skripsi (S1) thesis, Universitas Muhammadiyah Metro.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (13kB) | Preview
[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (260kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (446kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (158kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (265kB) | Preview
Official URL: http://eprints.ummetro.ac.id

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini memiliki tujuan 1) mengetahui proses mengembangkan modul berbasis kontekstual disertai komik pada materi aritmetika sosial untuk mengatasi masalah di kelas VII SMP PGRI 1 Batanghari, 2) mendapatkan modul berbasis kontekstual disertai komik pada materi aritmetika sosial yang dinyatakan valid, 3) mendapatkan modul berbasis kontekstual disertai komik pada materi aritmetika yang dinyatakan praktis, sehingga menghasilkan modul kontekstual disertai komik pada materi aritmetika sosial di kelas VII SMP PGRI 1 Batanghari. Penelitian menggunakan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation), dimana hanya terfokus pada pengembangan produk saja dengan itu tahapan implementation belum dilakukan dan tahap evaluation dilakukan disetiap tahapan. Instrumen yang digunakan berupa lembar validasi ahli dan lembar angket respon peserta didik. Teknik analisis data yang digunakan mencakup analisis data validasi dan kepraktisan produk. Penelitian dan pengembangan modul berbasis kontekstual disertai komik pada materi aritmetika sosial mendapatkan hasil, yaitu: 1) proses pengembangan pada tahap analysis diketahui kebutuhan peserta didik berupa modul kontekstual disertai komik sesuai dengan kurikulum 2013, tahap design memperoleh rancangan modul kontekstual dan komik agar dapat mewujudkan sebuah modul yang menarik, tahap development memperoleh hasil berupa modul telah dinyatakan valid dan praktis melalui uji validasi dan kepraktisan modul, tahap evaluation memperoleh sebuah evaluasi atau perbaikan modul disetiap tahapan. 2) modul dinyatakan sangat valid dengan presentase sebesar 87,93%, dan 3) modul dinyatakan sangat praktis dengan presentase sebesar 93,25%. Kata kunci: komik; kontekstual; modul; pengembangan

Item Type: Thesis (Skripsi (S1))
Creators:
CreatorsNIM/NPMEmail
Yosri, Mei Luwanenim16310040UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIPEmail
Thesis advisorRahmawati, Dwinidn0210048303UNSPECIFIED
Thesis advisorAgustina, Rinanidn0212088701UNSPECIFIED
Thesis advisorSudarman, Satrio Wicaksononidn0210028901UNSPECIFIED
Additional Information: 031/Pend. Matematika/2020
Uncontrolled Keywords: Komik; Kontekstual; Modul; Pengembangan
Subjects: 300 Ilmu Sosial > Pendidikan
500 Ilmu Murni > Matematika
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Feri Apriyanto
Date Deposited: 10 Aug 2021 04:26
Last Modified: 10 Aug 2021 04:26
URI: http://eprints.ummetro.ac.id/id/eprint/631

Actions (login required)

View Item View Item