PENGARUH JENIS FILTER DENGAN MEDIA SERABUTECENG GONDOK, ARANG TONGKOL JAGUNG DAN ZEOLIT ALAM TERHADAP KARAKTERISTIK GAS PEMBAKARAN GASIFIKASI

Pandoko, Dwi Agus (2020) PENGARUH JENIS FILTER DENGAN MEDIA SERABUTECENG GONDOK, ARANG TONGKOL JAGUNG DAN ZEOLIT ALAM TERHADAP KARAKTERISTIK GAS PEMBAKARAN GASIFIKASI. Skripsi (S1) thesis, Universitas Muhammadiyah Metro.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (97kB) | Preview
[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (199kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (323kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (86kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR LITERATUR.pdf

Download (135kB) | Preview
Official URL: http://eprints.ummetro.ac.id

Abstract

Gasifikasi merupakan metode mengkonversi secara termokimia bahan bakar padat menjadi bahan bakar gas (syn-gas) dalam wadah gasifer dengan menyuplai agen gasifikasi seperti uap panas, udara dan lainnya. Filter memiliki perenan penting untung memisahkan syn gas dari tar. Jenis filter yang digunakan memiliki kemampuan memisahkan tar yang berbeda. Kemampuan tersebut bisa berdampak pada temperatur, lama nyala api, warna nyala api dan jumlah tar. Tujuan penelitian ini adalah untuk menegetahui temperatur pada filter dan burner. mengetahui lama nyala api, warna nyala api dan jumlah tar. Metode penelitian yang dilakukan adalah mengukur temperatur pada filter dan burner, menghitung lama nyala api, mengamati warna nyala api dan menghitung jumlah tar. Berdasarkan dari hasil penelitian yang dilakukan pengaruh pada variasi jenis filter terhadap temperatur filter dan burner didapatkan hasil temeperatur yang stabil hanya pada filter zeolit alam dengan temperatur tertinggi 69,7°C di filter dan 209,4 °C. Pengaruh variasi filter terhadap lama nyala api terlama dengan filter zeolit alam selama 56 menit. Pengaruh variasi filter terhadap warna nyala api terbaik didapatkan dengan filter zeolit alam dengan warna biru dan besar. Pengaruh variasi filter terhadap jumlah tar yang mampu di pisahkan didapatkan hasil terbaik dengan filter zeolit alam yaitu 385 gram. Dapat disimpulkan bahwa penggunaaan jenis filter mempengaruhi kestabian temperatur pada filter dan burner, mempengaruhi kama waktu nyala api, mempengaruhi besar warna nyala api, mempengaruhi jumlah tar yang dipisahkan.

Item Type: Thesis (Skripsi (S1))
Creators:
CreatorsNIM/NPMEmail
Pandoko, Dwi Agusnim15520005UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIPEmail
Thesis advisorRidhuan, Kemasnidn0210096904UNSPECIFIED
Thesis advisorIrawan, Dwinidn0231128602UNSPECIFIED
Thesis advisorNugroho, Ekonidn001667801UNSPECIFIED
Additional Information: 072/Teknik/2020
Uncontrolled Keywords: Gasifikasi,Pembakaran,Filter,Nyala Api,Tar
Subjects: 600 Ilmu Terapan > Teknik Mesin
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Mesin
Depositing User: Dharma Eko Prasetyawan
Date Deposited: 14 Jan 2021 03:50
Last Modified: 14 Jan 2021 03:50
URI: http://eprints.ummetro.ac.id/id/eprint/481

Actions (login required)

View Item View Item