RAMADHANI, TYIAS PUTRI (2024) EFEKTIVITAS MEDIA KALIGRAFI UNTUK MENINGKATKAN MINAT DAN KUALITAS BACA TULIS AL-QUR’AN SISWA KELAS X SMA MUHAMMADIYAH 1 SEPUTIH BANYAK TAHUN AJARAN 2022/2023. Skripsi (S1) thesis, Universitas Muhammadiyah Metro.
|
Text
COVER.pdf Download (668kB) | Preview |
|
|
Text
Abstrak 2024.pdf Download (43kB) | Preview |
|
|
Text
2. BAB I.pdf Download (76kB) | Preview |
|
|
Text
4. BAB III.pdf Download (126kB) | Preview |
|
|
Text
6. BAB V.pdf Download (37kB) | Preview |
|
|
Text
7. DAFTAR LITELATUR.pdf Download (63kB) | Preview |
Abstract
Efektifitas kaligrafi untuk menarik minat dan baca tulis Al-Qur’an sudah teruji karena keindahan seninya, jadi sehinga sekolah menggunakannya untuk menarik minat siswa guna untuk belajar baca tulis Al-Qur’an dan guru Agama Islam sangat berpengaruh terhadap Pembelajaran tersebut. Tujuan dari penelitian ini yaitu (1) Untuk menjelaskan tentang upaya guru dalam penggunaan media kaligrafi yang dapat meningkatkan minat dan kualitas baca tulis Al-Qur’an siswa kelas X SMA Muhamamdiyah 1 Seputih Banyak pada tahun ajaran 2022/2023 (2) Untuk menjelaskan tentang efektifitas media kaligrafi yang sudah diupayakan oleh guru dalam rangka meningkatkan minat dan kualitas Baca Tulis Al-Qur’an siswa kelas X SMA Muhamamdiyah 1 Seputih Banyak pada tahun 2022/2023. Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian Kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen, dengan sampel jenuh sebanyak 31 siswa data penelitian dikumpulkan melalui tes awal (pretest) yang mengukur minat dan kualitas baca tulis Al-Qur'an, serta tes akhir (posttest) setelah intervensi menggunakan media kaligrafi. Analisis data dilakukan dengan menggunakan uji tes. Berdasarkan Hasil penelitian dan hipotesis dengan mengunakan uji tes yang didapat menunjukan bahwa 1) Upaya guru untuk mengefektifkan media kaligrafi dalam rangka meningkatkan minat dan kualitas baca tulis Al-Qur’an dengan mengunakan media kaligrafi sudah menunjukan hasil yang efektif, hal itu ditunjukan dengan adanya prestasi belajar membaca dan menulis Al-Qur’an setelah mengunakan media kaligrafi yang dikategorikan baik dari total 31 siswa, , terdapat 2 siswa berada pada kategori "baik" dengan persentase sebesar 6%. Sementara itu, 29 siswa berada pada kategori "sangat baik" dengan persentase sebesar 94%. 2) efektifitas media kaligrafi yang diupayakan guru itu sangat efektif hal itu bisa dilihat dari hasil siklus pembelajaran mulai dari prasiklus dengan nilai sebesar 23%, siklus I mengalami peningkatan 71%, siklus ke II mengalami peningkatan 97% dan kemampuan siswa sudah mengalami peningkatan ketuntasan belajar sebesar 85% dan hipotesis peneliti yang menyatakan bahwa Ho ditolak jadi media kaligrafi dapat meningkatkan kemampuan membaca dan menulis Al-Qur’an siswa kelas X SMA Muhammadiyah 1 Seputih Banyak terbukti benar.
Item Type: | Thesis (Skripsi (S1)) |
---|---|
Additional Information: | 16/S1 Pendidikan Agama Islam/2024 |
Uncontrolled Keywords: | efektivitas, media Kaligrafi, minat baca tulis Al-Quran |
Subjects: | 200 Agama > Pendidikan Agama Islam |
Divisions: | Fakultas Agama Islam > S1 Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | isna isna isna |
Date Deposited: | 26 Feb 2025 06:22 |
Last Modified: | 26 Feb 2025 06:22 |
URI: | http://eprints.ummetro.ac.id/id/eprint/3589 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |