DARMA, HANS SISNA (2024) METODE TAHFIDZ AL-QUR’AN DI PONDOK PESANTREN TAHFIDZ PUTRA PUTRI BUSTANU USYSYAQIL QUR’AN KAMPUNG MEKAR JAYA, BANJAR MARGO, TULANG BAWANG. Skripsi (S1) thesis, Universitas Muhammadiyah Metro.
|
Text
COVER.pdf Download (668kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (67kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (133kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (120kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (62kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (77kB) | Preview |
Abstract
Al-Qur‟an merupakan salah satu mukjizat yang diturunkan kepada Nabi Muhammad Saw oleh Allah SWT yang berfungsi sebagai petunjuk bagi manusia. Menjaga dan memelihara Al Qur'an merupakan perbuatan yang sangat mulia dihadapan Allah. Salah satu caranya yaitu dengan menghafal Al-Qur‟an. Menghafal Al Qur‟an membutuhkan metode yang tepat untuk membantu santri dalam meningkatkan kemampuan menghafalnya. Agar proses pembelajaran berjalan dengan baik, harus didukung oleh sistem pembelajaran yang baik pula, salah satu unsur tersebut adalah metode. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif. Cara yang dilakukan dalam penelitian ini yaitu secara langsung mensurvei lokasi, mengumpulkan data dengan cara wawancara, observasi, dan dokumentasi untuk mendapatkan hasil penelitian mengenai pendapat responden tentang metode tahfidz Al-Qur‟an di Pondok Pesantren Tahfidz Putra Putri Bustanu Usysyaqil Qur‟an. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode tahfidz yang digunakan di Pondok Pesantren Tahfidz Putra Putri Bustanu Usysyaqil Qur‟an yaitu metode Bin Nadhor dan Bil Ghoib. Santri menghafal Al-Qur‟an dengan membaca mushaf secara berulang-ulang sampai hafal (Bin Nadhor). Kemudian dilanjutkan dengan Bil Ghoib yaitu Talaqqi dengan menyetorkan hafalan pada guru setiap hari, kemudian Takrir atau mengulang hafalan setiap Jum‟at pagi dan Tasmi‟ dengan memperdengarkan hafalan kepada orang banyak. Faktor pendukung dalam tahfidz Al-Qur‟an yaitu niat dan dukungan dari orang tua. Sedangkan faktor penghambat yaitu faktor kecerdasan, efektifitas waktu, rasa jenuh, malas, motivasi, dan berbuat bohong.
Item Type: | Thesis (Skripsi (S1)) |
---|---|
Additional Information: | 17/S1 Pendidikan Agama Islam/2024 |
Uncontrolled Keywords: | Metode Tahfidz, Bin Nadhor, Bil Ghoib |
Subjects: | 200 Agama > Pendidikan Agama Islam |
Divisions: | Fakultas Agama Islam > S1 Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | isna isna isna |
Date Deposited: | 26 Feb 2025 04:31 |
Last Modified: | 26 Feb 2025 04:31 |
URI: | http://eprints.ummetro.ac.id/id/eprint/3588 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |