ARDHANIARI, PUSPITA DEWI (2024) PROFESIONALISME GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM ERA REVOLUSI 4.0 DI SMP NEGERI 2 TULANG BAWANG BARAT. Skripsi (S1) thesis, Universitas Muhammadiyah Metro.
|
Text
COVER.pdf Download (684kB) | Preview |
|
|
Text
Abstrak 2024.pdf Download (5kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (91kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (50kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (17kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (42kB) | Preview |
Abstract
Profesionalisme guru merupakan suatu sikap yang perlu dimiliki oleh seseorang dalam dunia kerja. Profesionalisme ini kerap menjadi salah satu hal yang dipelajari saat duduk di bangku kuliah. Profesionalisme merupakan sikap mental dalam bentuk komitmen dari para anggota suatu profesi untuk mewujudkan dan meningkatkan kemampuannya sesuai aturan dan etika yang berlaku. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menggambarkan profesionalisme pendidikan islam. Pendidikan merupakan suatu proses penyiapan generasi muda dalam rangka memenuhi tujuan hidupnya secara efektif dan efesien.sama halnya dengan pendidikan islam,sebagai wadah pengembangan akal dan pikiran,yang didalamnya terkandung nilai nilai keislamanan yang kental.profesionalisme dalam pendidikan merupakan suatu mutu ataupun kualitas dalam pendidikan, yang mana semua lingkup yang ada didalam lembaga pendidikan mempunyai misi untuk mewujudkan lembaga pendidikan yang terbaik.begitu juga dengan pendidikan islam yang ingin mewujudkan pendidikan islam menjadi yang terbaik. Hasil penelitian mengenai profesionalisme guru Pendidikan agama islam di Era Revolusi 4.0 dapat disimpulkan bahwa guru di SMP Negeri 2 Tulang Bawang Barat ini berpartisispasi aktif dalam Pembangunan nasional untuk mewujudkan generasi yang bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, unggul dalam ilmu pengetahuan dan teknologi, memiliki jiwa etis dan berbudi pekerti luhur serta berkepribadian baik. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode kualitatif yaitu penelitian yang dilakukan dengan cara mengumpulkan data-data berdasarkan hasil dari fakta lapangan. Teknik pengumpulan data observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun strategi pembelajaran yang digunakan guru Pendidikan agama islam dalam menghadapi tantangan era revolusi 4.0 antara lain :Guru memberikan pembelajaran dengan Blended Learning.peserta didik diberikan kesempatan menyelesaikan tugas berbasis web dan Email.Guru mengajar dengan Word Processor (WP),Guru memberikan pembelajaran WebBased Learning (WBL) yang bisa digunakan dalam CBI (Computer Based Instruction) atau CAI (Computer Assisted Instruction),Guru memberikan bimbingan dan arahan berbasis onlinemelalui fasilitas produk media sosial.
Item Type: | Thesis (Skripsi (S1)) |
---|---|
Additional Information: | 21/S1 Pendidikan Agama Islam/2024 |
Uncontrolled Keywords: | Profesionalisme Guru Dan Era Revolusi 4.0 |
Subjects: | 200 Agama > Pendidikan Agama Islam |
Divisions: | Fakultas Agama Islam > S1 Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | isna isna isna |
Date Deposited: | 26 Feb 2025 03:24 |
Last Modified: | 26 Feb 2025 03:24 |
URI: | http://eprints.ummetro.ac.id/id/eprint/3581 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |