PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH (PBM)UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASIMATEMATISDAN SELF-CONCEPTSISWA KELASVIII MTsTUMA’NINAH YASIN METRO PELAJARAN2019/2020

Sasmita, Herlin (2020) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH (PBM)UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASIMATEMATISDAN SELF-CONCEPTSISWA KELASVIII MTsTUMA’NINAH YASIN METRO PELAJARAN2019/2020. Skripsi (S1) thesis, Universitas Muhammadiyah Metro.

[img]
Preview
Text
ABSTRAKS.pdf

Download (244kB) | Preview
[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (98kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (473kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (62kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR LITERATUR.pdf

Download (64kB) | Preview
Official URL: http://eprints.ummetro.ac.id

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan Komunikasi matematis DanSelf-Concept Siswakelas VIII MTs Tuma’ninah Yasin Metro. Dalammelaksanakan penelitian, peneliti merancang pembelajaran dengan menggunakan Model Pembelajaran Berbasis Masalah (PBM) pada materi Pythagoras. Jenispenelitianini adalahpenelitiantindakankelasdengansubjek penelitianadalahsiswakelas VIII MTs Tuma’ninah Yasin Metrotahunpelajaran 2019/2020 yang terdiri dari 28siswa. Penelitiandilaksanakandalamduasiklus tindakan. Dengan adanya penelitian ini diharapkan akan meningkatkan mutu pembelajaranmatematikapadaumumnyadankhususnyaakanmeningkatkan kemampuanKomunikasi matematis DanSelf-Concept Siswaterutama di MTs Tuma’ninah Yasin Metro. Permasalahan yang diangkat dalampenelitian ini adalah Apakah Model Pembelajaran Berbasis Masalah (PBM) dapat meningkatkanKomunikasimatematis DanSelf-Concept matematika siswa kelas VIII semester genap MTs Tuma’ninah Yasin MetroTahun Pelajaran 2019/2020. Dari hasil penelitian dan pembahasan, terlihat adanya peningkatan Komunikasi matematis Dan Self-Concept Siswa pada pembelajaran yang dilakukan. Hal ini dapat diketahuidaripeningkatan persentase kemampuan Komunikasi matematissiswa pada saat pra survai sebesar 14,82% meningkat menjadi 25% pada siklus I, dan dari siklus I persentase kemampuan Komunikasimatematismeningkat menjadi 89%pada siklus II, serta peningkatan peresentase Self-Concept siswa dari prasurvei sebesar 14,8%meningkat menjadi 30,4% ataumenjadi 35,6%padasiklus I, dandari siklus I Self-Concept belajar33% ataumenjadi 72,4% padasiklus II.

Item Type: Thesis (Skripsi (S1))
Creators:
CreatorsNIM/NPMEmail
Sasmita, Herlinnpm13310076UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIPEmail
Thesis advisorFarida, Nurulnidn0220098801UNSPECIFIED
Thesis advisorSudarman, Satrio Wicaksononidn0210028901UNSPECIFIED
Thesis advisorAndayani, Sutrisninidn0013056803UNSPECIFIED
Additional Information: 030/Pend.Matematika/2020
Uncontrolled Keywords: KemampuanKomunikasiMatematis, Self-Concept, Pembelajaran BerbasisMasalah (PBM)
Subjects: 500 Ilmu Murni > Matematika
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Asih Kurniasih
Date Deposited: 16 Dec 2020 07:22
Last Modified: 16 Dec 2020 07:22
URI: http://eprints.ummetro.ac.id/id/eprint/358

Actions (login required)

View Item View Item