ZAKIYAH, ANIS FADILAH (2024) IMPLEMENTASI METODE AKRAB PADA PEMBELAJARAN TAHFIDZ (STUDI KASUS DI PONDOK TAHFIDZ DAARUL QUR’AN WAHDATUL UMMAH METRO). Skripsi (S1) thesis, Universitas Muhammadiyah Metro.
|
Text
COVER.pdf Download (433kB) | Preview |
|
|
Text
Abstrak 2024.pdf Download (52kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (150kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (145kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (45kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (75kB) | Preview |
Abstract
Tahapan yang paling penting bagi seseorang dalam menghafal Al-Qur’an adalah proses yang ditempuh untuk menjaga hafalan tersebut agar tertancap dalam hati dan pikiran sang penghafal. Proses menghafal Al-Qur’an sendiri merupakan aktivitas dengan membutuhkan fikiran yang fokus, dan yang paling utama adalah strategi atau metode yang tepat untuk meningkatkan kualitas hafalan seseorang. Terdapat beberapa metode yang dapat dilakukan untuk menguatkan atau menjaga hafalan Al-Qur’an diantaranya yaitu metode AKRAB, dengan beberapa rangkaian kegiatannya, yaitu menghafal mandiri, murojaah, talaqi, dan tasmi’. Metode AKRAB merupakan metode menghafal Al-Qur’an yang melibatkan banyak kegiatan murojaah secara mandiri dan kepada sahabat belajar guna memperkuat hafalan Al-Qur’an seseorang. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengatasi ragam probelem menghafal Al-Qur’an pada umumnya, mengetahui Implementasi Metode AKRAB pada pembelajaran Tahfidz serta faktor penghambat dan pendukung dalam mengimplementasikan Metode AKRAB. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode pendekatan kualitatif deskriptif dengan pendekatan studi kasus. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu teknik wawancara, observasi, serta dokumentasi menggunakan analisis deksriptif dengan tahapan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan yang respondennya merupakan wakil direktur pondok, ustadz dan ustadzah, serta para santri Pondok Tahfidz Daarul Qur’an. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa Pondok Tahfidz Daarul Qur’an melalui Metode AKRAB berupaya mengatasi ragam problem menghafal Al-Qur’an. Salah satunya yaitu dengan pengulangan hafalan yang dilakukan secara individu maupun berpasangan yang nantinya diperkuat melalui program tasmi’ Al-Qur’an yang dilakukan secara publik. Faktor penghambat meliputi kondisi kesehatan fisik maupun psikologi para santri yang kurang baik, kurangnya motivasi para santri sendiri maupun dari ustadz maupun ustadzah, serta penggunaan alat teknologi (gadget) secara berlebihan. Sedangkan faktor pendukung dalam implementasi metode AKRAB adalah fasilitas serta sarana dan prasarana yang diberikan Pondok Tahfidz sebagai penunjang terlaksananya metode AKRAB seperti, pelatihan yang diberikan kepada ustadz maupun ustadzah yang berkaitan dengan metode AKRAB dan motivasi kepada para santri yang berasal dari ustadz maupun ustadzah, lingkungan, keluarga serta sahabat belajar.
Item Type: | Thesis (Skripsi (S1)) |
---|---|
Additional Information: | 24/S1 Pendidikan Agama Islam/2024 |
Uncontrolled Keywords: | Mengatasi Problem Menghafal Al- Qur’an, Metode AKRAB. |
Subjects: | 200 Agama > Pendidikan Agama Islam |
Divisions: | Fakultas Agama Islam > S1 Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | isna isna isna |
Date Deposited: | 26 Feb 2025 03:08 |
Last Modified: | 26 Feb 2025 03:08 |
URI: | http://eprints.ummetro.ac.id/id/eprint/3575 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |