MARCEDESTA, AMBA NIKTO (2024) HUBUNGAN EMOTIONAL QUOTIENT GURU PAI DENGAN KEMAMPUAN MENGINTERNALISASI NILAI-NILAI RELIGIUS SISWA DI SMA MUHAMMADIYAH 1 PURBOLINGGO. Skripsi (S1) thesis, Universitas Muhammadiyah Metro.
|
Text
1. COVER.pdf Download (402kB) | Preview |
|
|
Text
Abstrak 2024.pdf Download (57kB) | Preview |
|
|
Text
2. BAB I.pdf Download (121kB) | Preview |
|
|
Text
4. BAB III.pdf Download (190kB) | Preview |
|
|
Text
6. BAB V.pdf Download (34kB) | Preview |
|
|
Text
7. DAFTAR LITELATUR.pdf Download (72kB) | Preview |
Abstract
Salah satu upaya untuk membantu siswa dalam mengembangkan nilai-nilai religius adalah dengan mengamalkan ajaran agama islam dalam bentuk perilaku yang baik. Emotional Quotient berfungsi untuk mengenali emosi dalam diri seseorang yang berguna untuk mengatur emosi sedih, marah, bahagia, dan juga untuk menentukan pilihan-pilihan serta sangat berguna untuk guru dalam mengendalikan siswa dalam proses internalisasi nilai-nilai religius. Tujuan penelitian untuk mengetahui hubungan emotional quotient guru PAI dengan kemampuan menginternalisasi nilai-nilai religius siswa di SMA Muhammadiyah 1 Purbolinggo. Jenis penelitian ini adalah jenis penelitian kuantitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu angket, observasi, dan dokumentasi. Populasi dalam penelitian ini adalah guru PAI dan peserta didik di SMA Muhammadiyah 1 Purbolinggo. Sampel yang diambil adalah 3 guru PAI dan 119 peserta didik dari kelas XI dan XII. Teknik analisis data, untuk uji prasyarat peneliti menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, akan tetapi uji hipotesisnya menggunakan korelasi person product moment berstandar SPSS 26.0. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat hubungan yang signifikan sangat kuat antara emotional quotient guru PAI dengan kemampuan menginternalisasi nilainilai religius siswa di SMA Muhammadiyah 1 Purbolinggo. Berdasarkan hasil keadaan emotional quotient koofisien korelasinya menunjukkan pada tingkat kuat pada interval 0,60- 0,0799, kemudian pada internalisasi nilai-nilai religius kelas XI MIA 1 dengan interval 0,60- 0,799 berarti kuat, kelas XI MIA 2 dengan interval 0,40- 0,599 berarti sedang, kelas XI ISOS dengan interval 0,60- 0,799 berarti kuat, kelas XII MIA dengan interval 0,60- 0,799 berarti kuat, dan kelas XII ISOS dengan interval 0,60- 0,799 berarti kuat. Uji hipotesis alternatif diketahui mendapat nilai signifikansi sebesar 0.003 yang menunjukan adanya hubungan antara kedua variabel, serta nilai signifikansi 0.003 < 0.05 maka dapat disimpulkan bahwa hipotesis dalam penelitian ini dinyatakan bahwa Ha : p ≠ 0 yang menunjukan “tidak sama dengan nol” berarti lebih besar atau kurang ( ) dari nol berarti ada hubungan antara emosional quotient guru PAI dengan kemampuan menginternalisasi nilia-nilai religius siswa di SMA Muhammadiyah 1 Purbolinggo. Lalu dari hasil uji korelasi person product diketahui bahwa taraf signifikan sebesar 0.003 < 0.5 sehingga keputusannya adalah menerima hipotesis yang menyatakan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara emotional quotient guru PAI dengan kemampuan menginternalisasi nilai-nilai religius siswa di SMA Muhammadiyah 1 Purbolinggo, sedangkan pearson correlation 1.000 yang menunjukan bahwa hubungan yang sangat kuat antara emotional quotient guru PAI dengan kemampuan menginternalisasi nilai-nilai religius siswa di SMA Muhammadiyah 1 Purbolinggo, tingkat keeratan hubungan (korelasi) antara variabel emotional quotient guru PAI dengan menginternalisasi nilainilai religius siswa di SMA Muhammadiyah 1 Purbolinggo bisa dilihat bahwa sangat kuat dan arahnya positif atau searah. Dari hasil uji tersebut bisa disimpulkan bahwa terdapat hubungan signifikan antara emotional quotient guru PAI dengan kemampuan menginternalisasi nilai-nilai religius siswa di SMA Muhammadiyah 1 Purbolinggo.
Item Type: | Thesis (Skripsi (S1)) |
---|---|
Additional Information: | 32/S1 Pendidikan Agama Islam/2024 |
Uncontrolled Keywords: | Emotional Quotient, Nilai-Nilai Religius. |
Subjects: | 200 Agama > Pendidikan Agama Islam |
Divisions: | Fakultas Agama Islam > S1 Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | isna isna isna |
Date Deposited: | 25 Feb 2025 07:04 |
Last Modified: | 25 Feb 2025 07:04 |
URI: | http://eprints.ummetro.ac.id/id/eprint/3559 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |