YULIANA, DEFI (2024) KONSEP KOMUNIKASI PEMBELAJARAN DALAM PERSPEKTIF TAFSIR AL-AZHAR ( BUYA HAMKA ). Skripsi (S1) thesis, Universitas Muhammadiyah Metro.
|
Text
1. SAMPUL.pdf Download (489kB) | Preview |
|
|
Text
Abstrak 2024.pdf Download (48kB) | Preview |
|
|
Text
2. BAB I.pdf Download (164kB) | Preview |
|
|
Text
4. BAB III.pdf Download (80kB) | Preview |
|
|
Text
6. BAB V.pdf Download (56kB) | Preview |
|
|
Text
7. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (81kB) | Preview |
Abstract
Komunikasi memiliki peran yang sangat penting dalam berbagai konteks kehidupan, baik dalam konteks individu, organisasi, maupun pendidikan. Komunikasi yang efektif membantu menjaga kelancaran dan kesuksesan operasional, serta memastikan efektivitas pembelajaran. Dalam konteks agama, komunikasi juga menjadi sarana untuk menyampaikan ajaran dan nilai-nilai yang penting. Selain itu, peran keluarga dalam membentuk pola pikir dan perilaku anak juga sangat signifikan, di mana komunikasi yang baik dalam keluarga dapat mempengaruhi prestasi dan perkembangan anak secara keseluruhan. Dalam penelitian ini pendekatan yang digunakan yaitu pendekatan kualitatif kemudian Metode penelitian yang digunakan adalah metode kepustakaan ( library research ), Dalam penelitian ini penulis mengambil salah satu sumber buku yaitu Tafsir Al-Azhar karangan Buya Hamka. Metode yang digunakan untuk menganalisis data adalah metode Tematik yaitu metode yang melibatkan pengumpulan ayat Al-Qur’an yang memiliki tujuan dan tema yang serupa mengenai Komunikasi Pembelajaran melalui Jurnal, Artikel, Skripsi, Buku dan Website. Hasil dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa 1. Buya Hamka menekankan pentingnya memiliki niat yang jujur dan ikhlas dalam setiap tindakan, 2. Menghargai perbedaan pendapat dan menjaga diskusi yang sopan adalah hal yang sangat penting, 3. Materi harus disampaikan dengan bahasa yang sederhana dan mudah dipahami, 4. Menjaga sopan santun dan mendengarkan dengan baik sangat ditekankan dalam komunikasi, 5. Menggunakan media yang tepat dan mendorong partisipasi aktif peserta didik merupakan bagian penting dari konsep ini.
Item Type: | Thesis (Skripsi (S1)) |
---|---|
Additional Information: | 34/S1 Pendidikan Agama Islam/2024 |
Uncontrolled Keywords: | Komunikasi Pembelajaran, Buya Hamka, Tafsir Al-Azhar. |
Subjects: | 200 Agama > Pendidikan Agama Islam |
Divisions: | Fakultas Agama Islam > S1 Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | isna isna isna |
Date Deposited: | 25 Feb 2025 06:46 |
Last Modified: | 25 Feb 2025 06:46 |
URI: | http://eprints.ummetro.ac.id/id/eprint/3555 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |