PERSEPSI MAHASISWA TERHADAP TOLERANSI BERAGAMA DI MEDIA SOSIAL TIKTOK (STUDI FAKULTAS AGAMA ISLAM UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH METRO)

LESTARI, SITI PUJI (2024) PERSEPSI MAHASISWA TERHADAP TOLERANSI BERAGAMA DI MEDIA SOSIAL TIKTOK (STUDI FAKULTAS AGAMA ISLAM UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH METRO). Skripsi (S1) thesis, Universitas Muhammadiyah Metro.

[img]
Preview
Text
1. COVER.pdf

Download (467kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak 2024.pdf

Download (49kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. BAB I.pdf

Download (111kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. BAB III.pdf

Download (100kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. BAB V.pdf

Download (48kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (87kB) | Preview

Abstract

Toleransi didefinisikan sebagai kemampuan untuk menjadi terbuka dan menerima perbedaan yang berasal dari berbagai suku bangsa, warna kulit, bahasa, adat-istiadat, budaya, bahasa, dan agama. Toleransi beragama mencakup penghargaan, penghormatan, dan pengakuan terhadap kebebasan beragama dan hak setiap individu untuk mempraktikkan agama sesuai keyakinannya.Berdasarkan era digital saat ini, media sosial telah menjadi platform yang populer dan signifikan dalam menyebarkan informasi dan memfasilitasi interaksi sosial, salah satu contohnya yaitu aplikasi tiktok. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana mahasiswa Universitas Muhammadiyah Metro khususnya mahasiswa Fakultas Agama Islam dalam memahami, menanggapi, dan berpartisipasi dalam isu-isu toleransi beragama di media sosial. Media sosial Tiktok dapat meningkatkan toleransi beragama melalui konten, pendapat, dan diskusi mengenai agama. Menurut peneliti media sosial Tiktok merupakan salah satu cara yang dapat mempengaruhi persepsi mahasiswa Fakultas Agama Islam terhadap toleransi beragama. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa Fakultas Agama Islam angkatan 2021 berjumlah 85 orang yang berasal dari tiga program Studi yakni, PAI, KPI, dan PIAUD. Penelitian ini menggunakan teknik sampel cluster random sampling, yaitu pengambilan sampling secara acak sesuai dengan area atau wilayah dari populasi tertentu. Analisis yang digunakan uji validitas, uji realibilitas, uji normalitas kolmogorov smirnov, uji homogenitas, uji hipotesis atau uji t. Hasil dari pengujian hipotesis menggunakan uji t (uji parsial) dan uji f (uji simultan) menunjukkan bahwa hipotesis diterima, dengan diperolehnya nilai sig. 0,000 yang berarti lebih kecil dari 0,05. Kriteria pengujian adalah jika nilai sig. uji t < 0,05 menolak H 0 dan menerima H a . Hasil ini berarti H 0 ditolak dan H a diterima, dengan demikian disimpulkan bahwa persepsi mahasiswa Fakultas Agama Islam terhadap toleransi beragama di media sosial Tiktok baik. Dan didapatkan hasil mengenai persepsi mahasiswa terhadap toleransi beragama di media sosial Tiktok termasuk pada kategori “Cukup Baik” dengan presentase 43,0%. Serta faktor-faktor yang mempengaruhi persepsi mahasiswa terhadap toleransi beragama di media sosial Tiktok terbagi menjadi 2 yaitu yang pertama faktor internal yang terdiri dari interaksi pengguna dengan konten, pengaruh influencer atau pembuat konten yang diikuti, kualitas dan konteks komentar serta diskusi. Kemudian yang kedua faktor eksternal yang terdiri dari algoritma tiktok, representasi visual dan naratif dalam video, exposure terhadap konten dari berbagai budaya dan agama.

Item Type: Thesis (Skripsi (S1))
Additional Information: 36/S1 Pendidikan Agama Islam/2024
Uncontrolled Keywords: Persepsi Mahasiswa, Toleransi Beragama, Media Sosial Tiktok.
Subjects: 200 Agama > Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Agama Islam > S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: isna isna isna
Date Deposited: 25 Feb 2025 06:27
Last Modified: 25 Feb 2025 06:27
URI: http://eprints.ummetro.ac.id/id/eprint/3552

Actions (login required)

View Item View Item