DAMPAK PENGGUNAAN HANDPHONE TERHADAP AKHLAK PESERTA DIDIK DI SMK MUHAMMADIYAH ABUNGSEMULI LAMPUNG UTARA TAHUN 2023/2024

SAFITRI, DIAN AJENG (2024) DAMPAK PENGGUNAAN HANDPHONE TERHADAP AKHLAK PESERTA DIDIK DI SMK MUHAMMADIYAH ABUNGSEMULI LAMPUNG UTARA TAHUN 2023/2024. Skripsi (S1) thesis, Universitas Muhammadiyah Metro.

[img]
Preview
Text
1. COVER.pdf

Download (442kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak 2024.pdf

Download (25kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. BAB I.pdf

Download (97kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. BAB III.pdf

Download (179kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. BAB V.pdf

Download (32kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (78kB) | Preview

Abstract

Perkembangan teknologi informasi yang pesat saat ini memungkinkan akses informasi dengan mudah, termasuk melalui penggunaan handphone yang umumnya digunakan oleh pelajar dan nonpelajar. Namun di SMK Muhammadiyah Abung Semuli Lampung Utara, penggunaan handphone dapat menimbulkan dampak dengan adanya akses peserta didik melalui handphone maka akan mudah berpengaruh terhadap perilaku atau akhlak peserta didik. Idealismenya perkembangan tekhnologi melalui handphone jelas akan memudahkan, memperlancar dan meningkatkan system pembelajaran di sekolah. Namun realitanya peserta didik di SMK Muhammadiyah Abung Semuli Lampung Utara, handphone lebih sering digunakan untuk hal-hal yang kurang bermanfaat, berpotensi menurunkan prestasi belajar dan akhlak peserta didik. Dalam konteks filsafat Islam, akhlak merupakan hasil dari iman dan ibadah, sehingga peserta didik perlu dibina untuk memiliki etika dan akhlak yang baik. Penelitian ini bertujuan untuk melihat bagaimana akhlak peserta didik di SMK Muhammadiyah Abung Semuli termasuk juga untuk mengamati dan menjelaskan dampak yang akan ditimbulkan dari adanya kemudahan akses penggunaan handphone dalam proses pembelajaran, baik dampak negatif maupun dampak positif. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif yang dimana penelitian ini bermaksud untuk memahami fenomena tentang apa yang dialami oleh subyek penelitian, secara holistik dan dengan cara deskriptif, Adapun metode penelitian yang digunakan yakni kualitatif dengan jenis pendekatan fenomenoligi, yang dimana menggunakan kata – kata yang disusun dalam betuk teks yang diperluas atau di deskripsikan dengan jelas serta dengan menggunakan teknik pengumpulan data peneliti menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi menggunakan penelitian kepustakaan (library research). Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa akhlak seorang siswa dapat dilihat dari berbagai aspek interaksi yang terbangun. Siswa SMK Muhammadiyah Abung Semuli Lampung Utara menunjukkan akhlak dan perilaku yang cenderung mengedepankan kesenangan secara pribadi yang menjadi bagian dampak negatif penggunaan handphone. Sebagaimana akhkak siswa kepada Allah SWT. Sering lalai dalam menjalankan ibadah, begitupula dengan kedua orang tua, banyak waktu yang tidak digunakan untuk berkumpul karena sibuk dengan gedget masing-masing. Sedangkan lingkungan sekolah, sebagai lembaga pendidikan yang menjadi lapangan interaksi dalam proses belajar mengajar, namun siswa cenderung kurang memperhatikan guru dan tidak melakukan interaksi yang intens dengan teman sebayanya didalam kelas, dan hal ini yang membutuhkan pengawasan ekstra dari pihak sekolah agar dampak positif bisa lebih banyak dirasakan dari adanya kebolehan akses siswa terhadap handphone didalam maupun lingkungan sekolah.

Item Type: Thesis (Skripsi (S1))
Additional Information: 39/S1 Pendidikan Agama Islam/2024
Uncontrolled Keywords: Akhlak, Dampak Negatif, Dampak Positif, Penggunaan Handphone
Subjects: 200 Agama > Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Agama Islam > S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: isna isna isna
Date Deposited: 25 Feb 2025 03:39
Last Modified: 25 Feb 2025 03:39
URI: http://eprints.ummetro.ac.id/id/eprint/3543

Actions (login required)

View Item View Item