PENGARUH PENERAPAN LEMBAR KEGIATAN SISWA (LKS) BERBASIS KONTEKSTUAL TERHADAP HASIL BELAJAR DAN AKTIVITAS SISWA PADA MATERI PLANTAE KELAS X DI SMA N 6 METRO

Paramita, Wening Galih (2020) PENGARUH PENERAPAN LEMBAR KEGIATAN SISWA (LKS) BERBASIS KONTEKSTUAL TERHADAP HASIL BELAJAR DAN AKTIVITAS SISWA PADA MATERI PLANTAE KELAS X DI SMA N 6 METRO. Skripsi (S1) thesis, Universitas Muhammadiyah Metro.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (118kB) | Preview
[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (6MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (172kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (475kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (88kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (97kB) | Preview
Official URL: http://eprints.ummetro.ac.id

Abstract

Penerapan lembar kerja siswa (LKS) berbasis kontekstual bertujuan agar siswa aktif dalam pembelajaran, seperti mengamati, menanya, mengumpulkan informasi atau eksperimen, mengasosiakan atau mengolah informasi dan mengomunikasikan. Lembar kerja siswa (LKS) berbasis kontekstual membuat siswa lebih mudah memahhami materi yang sedang dipelajari, serta LKS yang menarik dan berbagai macam tumbuhan yang disajikan dapat membuat siswa lebih aktif dan tidak bosan dalam melakukan proses pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah adalah untuk mengetahui pengaruh penerapan lembar kegiatan siswa (LKS) berbasis kontekstual terhadap hasil belajar dan aktivitas siswa pada materi plantae kelas X SMA Negeri 6 Metro. Jenis Penelitian ini adalah eksperimen semu (Quasy Experiment). Tempat penelitian SMA Negeri 6 Metro. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas X dengan jumlah siswa 78 siswa yang terdiri dari 3 kelas. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah dua kelas yaitu X MIPA 2 dan X MIPA 3. X MIPA 2 menjadi kelas eksperimen yang terdiri dari 26 siswa. Sedangkan X MIPA 3 menjadi kelas kontrol. Penelitian ini dilaksanakan pada tanggal 28 Januari - 13 Februari 2020. Uji prasarat dalam penelitian ini menggunakan uji normalitas dan homogenitas. Uji hipotesis menggunakan uji t. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis didapatkan bahwa, uji kesamaan dua rata-rata diperoleh dan uji perbedaan dua rata-rata diperoleh . Hasil uji kesamaan dua rata-rata membuktikan bahwa ada perbedaan rata-rata hasil belajar pada kelas eksperimen dan kelas kontrol. Hasil uji perbedaan dua rata-rata membuktikan bahwa rata-rata hasil belajar pada kelas ekperimen lebih tinggi dari pada kelas kontrol. Penerapan Lembar Kegiatan Siswa (LKS) berbasis kontekstual berpengaruh terhadap hasil belajar dan aktivitas siswa pada materi plantae untuk siswa kelas X SMA Negeri 6 Metro.

Item Type: Thesis (Skripsi (S1))
Creators:
CreatorsNIM/NPMEmail
Paramita, Wening Galihnim16320027UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIPEmail
Thesis advisorSulistiani, Widya Sartikanidn0205118503UNSPECIFIED
Thesis advisorAsih, Triananidn0009029001UNSPECIFIED
Thesis advisorLepiyanto, Agilnidn0212028502UNSPECIFIED
Additional Information: 010/Pend. Biologi/2020
Uncontrolled Keywords: LKS (Lembar Kegiatan Siswa), Kontekstual, Hasil belajar, aktivitas
Subjects: 500 Ilmu Murni > Biologi, Ilmu Hayati
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: Dharma Eko Prasetyawan
Date Deposited: 16 Dec 2020 04:27
Last Modified: 16 Dec 2020 04:27
URI: http://eprints.ummetro.ac.id/id/eprint/353

Actions (login required)

View Item View Item