ASIYAH, SITI (2024) IMPLEMENTASI MANAJEMEN BERBASIS SEKOLAH DAN PERAN SUPERVISI DALAM MENINGKATKAN MUTU LULUSAN DI SMP NEGERI 1 PUNGGUR KABUPATEN LAMPUNG TENGAH. Tesis (S2) thesis, Universitas Muhammadiyah Metro.
|
Text
abstrak.pdf Download (27kB) | Preview |
|
|
Text
COVER.pdf Download (377kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (67kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (136kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (88kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR LITERATUR.pdf Download (43kB) | Preview |
Abstract
Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan manajemen berbasis sekolah, peran supervisi, hambatan, dan solusi dalam meningkatkan mutu lulusan. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian deskriptif kualitatif. Subjek yang menjadi sumber data primer adalah pengawas, waka kurikulum, waka kesiswaan, waka sarpras, guru, komite dan siswa. Sumber data sekunder dapat diperoleh dari literatur-literatur bacaan yang relevan serta dokumentasi dari sumber-sumber yang terkait. Teknik pengumpulan data penelitian ini adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan diperoleh kesimpulan bahwa implementasi manajemen berbasis sekolah dalam peningkatan mutu melalui indikator kewenangan sekolah sudah baik, tanggung jawab pihak sekolah dan karakteristik SDM sudah baik, otonomi sekolah sudah dijalankan dengan baik oleh pihak sekolah, dan partisipasi warga sekolah pada aspek kognitif mutu lulusan sudah baik namun pada aspek pengembangan sekolah, partisipasi masyarakat maupun pemerintah masih kurang. Peran supervisi dalam meningkatkan mutu lulusan pada indikator adanya bimbingan supervisor sudah dijalankan dengan baik, peran supervisor dalam membina, meninjau, dan membantu warga sekolah sudah dilaksanakan dengan baik. Hambatan yang dihadapi yaitu kurangya perhatian dan partisipasi masyarakat, pemerintah pusat maupun daerah dalam pengembangan sekolah dan minimnya keuangan yang dapat digunakan dalam pengembangan sekolah. Upaya yang dilakukan yaitu adanya hubugan dan kerja sama yang baik antara guru, kepala sekolah, orang tua peserta didik, masyarakat, dan pemerintah daerah dalam rangka mengembangkan sekolah, guru yang profesional sesuai dengan jumlah siswa, dan tersedianya sarana prasarana pendidikan yang secara langsung ataupun tidak langsung yang dapat digunakan dalam proses pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Tesis (S2)) |
---|---|
Additional Information: | 08/S2 Adminitrasi Pendidikan/2024 |
Uncontrolled Keywords: | manajemen berbasis sekolah, peran supervisi, mutu lulusan |
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > Administrasi Pendidikan |
Divisions: | Pascasarjana > S2 Administrasi Pendidikan |
Depositing User: | barkah barkah barkah |
Date Deposited: | 20 Feb 2025 08:13 |
Last Modified: | 20 Feb 2025 08:14 |
URI: | http://eprints.ummetro.ac.id/id/eprint/3493 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |