PERAN GURU BIMBINGAN DAN KONSELING MELALUI LAYANAN BIMBINGAN KLASIKAL UNTUK MENGURANGI KENAKALAN REMAJA DI SMK MUHAMMADIYAH 2 METRO

ARYOSO, ILHAM AZIZ (2023) PERAN GURU BIMBINGAN DAN KONSELING MELALUI LAYANAN BIMBINGAN KLASIKAL UNTUK MENGURANGI KENAKALAN REMAJA DI SMK MUHAMMADIYAH 2 METRO. Skripsi (S1) thesis, Universitas Muhammadiyah Metro.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (89kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (999kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (278kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (312kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (164kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Literatur.pdf

Download (160kB) | Preview

Abstract

Masa remaja ini merupakan masa dimana seseorang sedang mengalami saat kritis karena berada dalam masa peralihan menginjak ke masa dewasa. Pada masa peralihan itu pula remaja sedang mencari identitasnya yang sedang bergejolak tidak menentu dan sangat rawan perkembangan kejiwaannya. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bentuk kenakalan remaja yang dilakukan peserta didik dan bagaimana peran guru bimbingan konseling mengurangi kenakalan remaja dengan bimbingan klasikal. Kenakalan remaja yaitu suatu perbuatan yang melanggar norma, aturan hukum dalam masyarakat yang tidak dapat diterima secara sosial hingga terjadi tindakan kriminal. Layanan bimbingan klasikal merupakan suatu layanan guru bimbingan dan konseling untuk membantu siswa dalam menyesuaikan diri dengan lingkungan, mengatasi permasalahan dalam belajar, serta mencapai kesuksesan dalam mencapai tujuan belajar. Teknik pengumpulan data dari penelitian ini yaitu teknik kualitatif deskriptif dengan melaksanakan wawancara dan observasi. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa: (1) Bentuk kenakalan remaja yang dilakukan peserta didik membolos, merokok, terlambat dan pergi ke kantin saat kegiatan belajar mengajar. (2) Tahap pelaksanaan layanan bimbingan klasikal menggunakan tiga tahapan yaitu: tahap awal/pendahuluan, tahap inti, dan tahap penutup/evaluasi. (3) Hasil dari pelaksanaan layanan bimbingan klasikal peserta didik memiliki kemauan untuk mengurangi kenakalan remaja tersebut dengan merubah perilakunya menjadi lebih baik lagi, adanya kemauan untuk berubah diiringi dengan kemampuan peserta didik untuk mengurangi kenakalan remaja dengan memilih pergaulan yang baik agar berdampak yang baik juga untuk perilaku dan sikap peserta didik.

Item Type: Thesis (Skripsi (S1))
Additional Information: 03/S1 BIMBINGAN DAN KONSELING/2024
Uncontrolled Keywords: Peran Guru Bimbingan Konseling, Bimbingan Klasikal, Kenakalan Remaja
Subjects: 300 Ilmu Sosial > Bimbingan dan Konseling
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1 Bimbingan Konseling
Depositing User: intan arum sari
Date Deposited: 20 Feb 2025 07:23
Last Modified: 20 Feb 2025 07:23
URI: http://eprints.ummetro.ac.id/id/eprint/3482

Actions (login required)

View Item View Item