Saroni, Ahmad (2024) MANAJEMEN PENGEMBANGAN KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU DI SMK RIYADLATUL ULUM BATANGHARI LAMPUNG TIMUR. Tesis (S2) thesis, Universitas Muhammadiyah Metro.
|
Text
COVER.pdf Download (260kB) | Preview |
|
|
Text
Abstrak 2024.pdf Download (28kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (68kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (138kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (38kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR LITERATUR.pdf Download (67kB) | Preview |
Abstract
Pendidikan merupakan suatu bidang penting dan sangat mendasar yang harus dikelola secara baik dan benar oleh pemerintah maupun masyarakat, karena proses pendidikan pada hakikatnya merupakan proses pengembangan potensi diri manusia bagi masa depan. Untuk mencapai tujuan pendidikan tersebut tentunya diperlukan manajemen yang meliputi perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, evaluasi dan pengawasan. Perencanaan pengembangan kompetensi pedagogik guru merupakan serangkaian rencana yang tertuang dalam rencana strategis, rencana operasional dan rencana program kerja guna meningkatkan kompetensi yang dimiliki guru. Kompetensi pedagogik adalah kemampuan mengelola pembelajaran peserta didik yang meliputi pemahaman terhadap peserta didik, perancangan, pelaksanaan pembelajaran, evaluasi hasil belajar dan pengembangan peserta didik untuk mengaktualisasikan berbagai potensi yang dimilikinya. Peran pendidik sangatlah penting dalam mengelola pembelajaran, pendidik harus memiliki kompetensi yang cukup yang harus dikembangkan kepada peserta didiknya, dalam hal ini kompetensi pedagogik juga harus dimiliki seorang pendidik. Berdasarkan pembahasan diatas terdapat problem yang ditemukan peneliti dalam upaya pengembangan kompetensi pedagogik di SMK Riyadlatul Ulum Batanghari dimana peneliti merasa kurang adanya kompetensi pedagogik yang dimiliki para guru yang tidak relevan dengan pelaksanaan menejemennya. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis perencanaan, pelaksanaan, evaluasi dan faktor pendukung dan penghambat Pengembangan Kompetensi Pedagogik Guru. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif yang bertujuan untuk mengumpulkan beragam informasi dan data yang berhubungan dengan Manajemen Pengembangan Kompetensi Pedagogik Guru. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan teknik pengumpulan data observasi, wawancara, dan dokumentasi. Untuk mengecek keabsahan data peneliti menggunakan Triangulasi sumber data. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: adanya perencanaan, pengorganisiran, pelaksanaan pengawasan dan pengevaluasian dalam pengembangan kompetensi pedagogik guru di SMK Riyadlatul Ulum Batanghari Lampung Timur dengan adanya kegiatan berupa pelatihan kelompok kerja guru/KKG, diklat 32JP secara online yang diawasi langsung oleh kepala sekolah dan rapat evaluasi setiap awal dan akhir semester.
Item Type: | Thesis (Tesis (S2)) |
---|---|
Additional Information: | 22/S2 Administrasi Pendidikan/2024 |
Uncontrolled Keywords: | Manajemen, Kompetensi Pedagogik Guru |
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > Administrasi Pendidikan |
Divisions: | Pascasarjana > S2 Administrasi Pendidikan |
Depositing User: | isna isna isna |
Date Deposited: | 19 Feb 2025 07:58 |
Last Modified: | 19 Feb 2025 07:58 |
URI: | http://eprints.ummetro.ac.id/id/eprint/3459 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |