IMPLEMENTASI PROJEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA (P5) TERHADAP KARAKTER MANDIRI PADA ANAK USIA DINI DI TK AL ISHLAH JATIDATAR KECAMATAN BANDAR MATARAM KABUPATEN LAMPUNG TENGAH

LUSIYATI, LUSIYATI (2024) IMPLEMENTASI PROJEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA (P5) TERHADAP KARAKTER MANDIRI PADA ANAK USIA DINI DI TK AL ISHLAH JATIDATAR KECAMATAN BANDAR MATARAM KABUPATEN LAMPUNG TENGAH. Tesis (S2) thesis, Universitas Muhammadiyah Metro.

[img]
Preview
Text
cover.pdf

Download (268kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak 2024.pdf

Download (5kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (57kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (127kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (64kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR LITERATUR.pdf

Download (78kB) | Preview

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk menganalisis perencanaan, pelaksanaan, karakter mandiri anak usia dini setelah dilaksanakannya Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) dan untuk menganalisis kendala dan solusi pelaksanaan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) terhadap karakter mandiri pada anak usia dini di TK Al Ishlah Jatidatar Kecamatan Bandar Mataram Kabupaten Lampung Tengah. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian deskriptif kualitatif. Subjek yang menjadi sumber data primer adalah kepala sekolah, guru, pengawas dan wali murid. Sumber data sekunder dapat diperoleh dari literatur-literatur bacaan yang relevan serta dokumentasi dari sumber-sumber yang terkait. Teknik pengumpulan data penelitian ini adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan diperoleh kesimpulan bahwa secara motorik, siswa mampu menunjukkan motorik kasar maupun motorik halus seperti mampu mengkoordinasikan gerakan mata dan tangan dalam kegiatan menulis, mewarnai, meronce, kolase, bermain plastisin dan menjahit. Pelaksanaan yaitu siswa mengenal keaksaraan seperti lambang bilangan dan huruf. Siswa mampu memecahkan masalah dalam kehidupan sehari-hari. Mampu membedakan konsep warna, bentuk dan tekstur. Mampu membedakan bentuk-benuk geometri. Mampu mengenal sebab akibat. Serta mengenal konsep sains sederhana. Karakter mandiri anak usia dini setelah dilaksanakannya yaitu siswa belum maksimal dalam mengembangkan keterampilannya seperti keterampilan dalam berpendapat, berbicara, dan sebagainya. Kendala dan solusi pelaksanaan yaitu masih sedikit siswa yang mampu mencari solusi sesuai dengan masalahnya, sebagian besar siswa masih sangat emosional ketika mencari solusi.

Item Type: Thesis (Tesis (S2))
Additional Information: 25/S2 Administrasi Pendidikan/2024
Uncontrolled Keywords: projek penguatan profil pelajar pancasila, karakter mandiri
Subjects: 300 Ilmu Sosial > Administrasi Pendidikan
Divisions: Pascasarjana > S2 Administrasi Pendidikan
Depositing User: isna isna isna
Date Deposited: 19 Feb 2025 07:30
Last Modified: 19 Feb 2025 07:30
URI: http://eprints.ummetro.ac.id/id/eprint/3451

Actions (login required)

View Item View Item